Job Fair Bazar Mandalika Mulai Dibuka

JOB FAIR : Kegiatan pembukaan job fair yang berlangsung di Bazar Mandalika, Kamis (9/2). ( M Haeruddin/Radar Lombok )

PRAYAKegiatan job fair di Kawasan Ekonomi Khusus  (KEK) Mandalika yang dilaksanakan Kementerian Ketenagakerjan (Kemenaker) RI mulai dibuka. Kegiatan yang menyediakan banyak lowongan pekerjaan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 9-10 Februari di Bazar Mandalika.

Direktur Jenderal (Dirjen) Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, Suhartono menegaskan, perluasan tenaga kerja berbasis kawasan sangat mereka harapkan.  Progam baru dalam gagasan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan merupakan terobosan dari Kemenaker. “Kami berharap dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, maka dapat memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat yang ada di dalam kawasan Mandalika itu sendiri, dan kami siap berkolaborasi. Dangan cara pembinaan hubungan kemitraan kerja dan dinas terkait yang ada di pemkab atau pemkot di Provinsi NTB,” ungkap Suhartono saat membuka kegiatan, Kamis (9/2).

Baca Juga :  Warga Desak Penyidik Usut Dugaan Kasus Asusila Kades Ungga

Pihaknya menegaskan bahwa perlu diketahui jika masyarakat di Provinsi NTB mendominasi perluasan peluang kesempatan kerja di luar negeri. Dengan demikian diharapkan pemda maupun Pemprov NTB untuk tidak mempersulit masyarakat untuk mendapatkan berbagai macam pekerjaan di dalam maupun di luar negeri. “Selain job fair kegiatan dilaksanakan juga temu mitra perluasan kerja dan Festival Pesona Pujut Mandalika. Tujuannya sebagai upaya pengentasan kemiskinan, mengurangi jumlah pengangguran dengan meningkatkan produktivitas masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Tengah, H M Nursiah menyampaikan, bahwa secara khusus tujuan dari kegiatan tersebut, yakni mempromosikan usaha kecil masyarakat untuk mendapatkan daya saing dalam lingkup nasional. Kemudian membangun simbul kolaborasi antara masyarakat dengan pengembangan kawasan, sehingga dapat membuka perluasan kesempatan kerja. “Selanjutnya, mempersiapkan masyarakat sebagai subjek pembangunan daerah untuk dapat menyerap tenaga kerja lokal yang berbasis kawasan,” terangnya.

Baca Juga :  Lahan Sirkuit Motocross 459 Lantan Diklaim Perusahaan

Pihaknya menambahkan, sumber daya manusia (SDM) masyarakat di Lombok Tengah siap bersaing di dalam memajukan kawasan Mandalika. Pihaknya bersyukur di kawasan selatan wilayah Lombok Tengah sudah dimulainya pasar yang berkelas internasional. Dengan dibukanya Sirkuit MotoGP Mandalika yang diharapkan kedepannya akan banyak dibangun hotel dan restoran sebagai sarana pendukung kawasan yang nantinya penyerapan tenaga kerja semakin luas. “Kami berharap dari dinas terkait dan kementerian tenaga kerja untuk menyiapkan masyarakat kami untuk mendapatkan berbagai macam jenis pelatihan-pelatihan untuk menunjang keperluan tenaga kerja di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, khususnya Mandalika,” tambahnya. (met)

Komentar Anda