JKN – KIS Menjadi Penyemangat Hidup Abdullah

Selong, Jamkesnews – Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia. Jutaan Masyarakat Indonesia telah merasakan manfaat dari Program JKN – KIS ini. Dahulu orang takut untuk berobat ke rumah sakit karena biaya pelayanan kesehatan yang cukup tinggi, tetapi sekarang berbekal JKN – KIS, masyarakat tidak perlu lagi merasa kekhawatiran akan biaya pelayanan kesehatan.

Manfaat Program JKN – KIS juga dirasakan oleh H. Abdullah seorang warga dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pasalnya berkali – kali Kartu JKN – KIS menjadi penyelamat hidupnya dikala ia harus menjalani pengobatan medis. Sejak beberapa tahun lalu ia terkena Asma dan didiagnosa Diabetes Melitus oleh dokter.

BACA JUGA :  Kemeriahan Rangkaian Festival Pesona Tambora 2017

Ketika di diagnosa oleh dokter, hal yang terpikirkan pertama kali oleh Abdullah adalah biaya dan uang untuk berobat, beruntungnya ia sudah menjadi Peserta JKN – KIS. Pengalamannya menggunakan JKN – KIS ia ceritakan kepada tim Jamkesnews.

“Setelah diberitahukan mengenai penyakit saya, hal pertama yang saya pikirkan adalah mengenai biaya berobatnya, pekerjaan saya hanya seorang petani yang tidak mempunyai penghasilan tetap. Bagaimana saya bisa membiayai biaya pengobatan saya, untuk hidup sehari pun masih susah,” ujarnya.

Berbekal Kartu JKN – KIS ia pun bisa berobat setiap bulannya, ia pun merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN – KIS.

“Allhamdulillah berkat Kartu JKN – KIS saya bisa berobat tanpa takut biaya pengobatan yang cukup tinggi,” ujar Abdullah.

BACA JUGA :  Meriah, Peringatan Hari Kartini ke-138 Kota Mataram

Abdullah menceritakan bahwa beberapa bulan yang lalu ia dilarikan ke UGD karena Asmanya kambuh.

“Beberapa bulan lalu, pada malam hari saya dilarikan ke UGD di rumah sakit karena penyakit asma saya kambuh. Bersyukur saya mempunyai Kartu JKN – KIS, saya di layani cepat oleh petugas medis tanpa dibedakan layanannya dengan pasien lainnya. Waktu istri saya ke bagian administrasi sempat khawatir biayanya, dan ternyata Allhamdulillah tidak ada biaya sama sekali,” ujar Abdullah.

Di akhir percakapan Abdullah menyampaikan harapannya agar Program JKN – KIS ini terus ada karena banyak masyarakat juga yang merasakan manfaatnya seperti pengalaman yang ia rasakan. (dh/ay)