Jiangxi Butuh Provinsi Kembar

jiangxi
jiangxi (WIKIPEDIA)

RADAR LOMBOK – Provinsi Jiangxi saat ini membutuhkan provinsi kembar seperti halnya beberapa kota kembar lainnya di dunia. Penawaran menarik tersebut disampaikan Wakil General Manager Hubungan Luar negeri Provinsi Jiangxi Huang Jiawen kepada utusan PWI Bali NTB dan NTT saat jamuan makan di Nanchang ibukota provinsi tersebut saat berkunjung ke daerah tersebut.

Dengan tingkat ekonomi yang tinggi dan berbagai keunggulan yang dimiliki provinsi tersebut sangat layak untuk dimanfaatnya Nusa Tenggara Barat. Terlebih beberapa potensi yang dimiliki mempunyai kesamaan seperti Provinsi penghasil tambang tembaga, obyek wisata alami terutama pegunungan. Selain itu bisa meningkatkan program bersih sampah zero wish, mengingat provinsi tersebut mempunyai kawasan yang hijau dan bersih. Sepanjang jalan terlihat taman yang indah tanpa ada sampah yang berserakan, padahal perovinsi tersebut mengalami 4 musim dengan danau yang cukup lebar dan luas.

Industri/Pariwisata

Khusus untuk industri provinsi ini memiliki keistimewaan diantaranya terdapat industri pesawat terbang, selain itu juga mempunyai pesawat terbang komersial yang terbang didaratan Tiongkok dengan nama Jiangxi Airlines. Beberapa komponen pesawat dibangun ditempat ini seperti badan dan sayap pesawat. Teknologi tinggi ini memerlukan lahan 30 km2 mereka membuat pesawat dengan kode  C919 dimulai sejak 2014.

Alat-alat medis juga banyak dibuat di provinsi ini terutama kebutuhan rumah sakit dan sudah banyak digunakan di indonesia termasuk di Rumah sakit Sanglah Denpasar. Termasuk juga obat-obatan trandisional Tiongkok  dan obat modern serta perelengkapan kesehatan lainnya yang  di pamerkan juga di ruang khusus  kota Nanchang

Material industri seperti konduktor dari logam juga banyak diproduksi. Pertambangan emas dan Tembaga NTB dari PT NNT perlu belajar dari provinsi ini sehingga dapat mengurangi impor alat-alat listrik yang banyak dimanfaatkan oleh PLN,  salah satu dari BUMN yang membutuhkan tembaga sangat banyak untuk kabel jaringan listrik.

Provinsi penghasil lensa cannon 11 juta buah/tahun dan komponen berbagai merek seluler dengan transportasi modern yang cukup banyak melibatkan 16 provinsi dan terbanyak menuju Bejing terus berkembang dengan pesat. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan SDM provinsi NTB.

Provinsi ini juga terkenal dengan penghasil keramik Tiongkok dimana semua bahan bakunya berasal dari provinsi tersebut. Tidak kalah dengan gerabah yang dibuat di NTB pembuatan keramik sudah merakyat karena banyak home industri termasuk perusahaan besar membuatnya. Sama halnya gerabah NTB terdapat banyak sentral indsutri yang berkembang, meskipun daya tahan tanahynya berbeda dimana keramik dipanaskan pada suhu 1.300 derajat C sementara gerabah hanya mampu bertahan 100 derajat C sehingga perlu dicarikan bahan baku tambahan.

Huang Jiawen menambahkan untuk industri pertanian daerah ini  telah  banyak berbuat untuk Tiongkok  bahkan diklaim sebagai penghasil padi pertama di dunian  sehingga hasil pertanian jarang sekali didatangkan dari daerah lain, termasuk luar negeri. Terlebih daerah ini sangat subur dengan are apertanian yang sangat luas dan bendungan besar yang menyebar di berbagai tempat. Sungai yang mengalir di provinsi ini terlihat sangat bersih dan ditata dengan baik sehingga taman sungainya banyak diamnfaatkan untuk wisata

Pelestarian bangunan kuno sebagai obyek wisata dilengkap dengan taman indah terus dibenahi. Keberadaan saksi sejarah yang merupakan hasil budaya nenek moyang mereka ribuan dan ratusan tehun yanglalu mendapat perhatian khusus. Dan selalu ramai dikunjungi wisatawan Domistik, Mengingat penduduknya yang sangat banyak membuat potensi wisata dapat berkembang dengan baik meskipun setiap karcis masuk mendapatkan discount khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Saksi sejarah inilah yang membuat masyarakat Tiongkok sangat bangga kepada leluhurnya yang menguasai teknologi dan kebudayaan tinggi sejak ribuan tahun lalu. Banyak sekali obyek peninggalan sejarah dan bangunan kuno yang dipugar dan dijadikan sebagai obyek wista, terutama peninggalan para raja dan bangsawan dari berbagi dinasty.

obyek wisata alampun tidak lupa dibenahi dan dilestarikan misalnya desa wisata tradisonal huangling. Untuk masuk obyek wisata ini  terdapat banyak pilihan diantaranya kendaraan dan kerata gantung, kemudian 138 rumah tradisonal hasil peninggala ratusan tahun lalu dibenahi dengan anggaran dari pemda 2 juta REM, kemudian taman berupa tanah pertanian yang ditanami aneka bunga 2,5 juta REM demikian juga dengan penataan lainnya membuat kunjungan wisatawan setiap harinya tidak kurang dari 8.000. Desa trandisonal ini dilengkap pula dengan hotel bar dan ruang pertemuan diatas pegunungan yang asri.

Wartawan sebagai Duta Daerah

Kehadiran wartawan PWI dari 3 provinsi di Sunda kecil Bali NTB dan NTT dimanfaatkan sebagai duta daerah. Mengingat setiap pertemuan dengan pejabat tinggi Tiongkok dimanfaatkan untuk promosi daerah masing masing. Baik promosi pariwisata maupun peluang investasi di 3 provinsi tersebut. Untuk NTB ditawarkan kunjungan ke berbagai obyek wisata di NTB, investasi di daerah Pariwisata seperti pembangunan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, pembangunan kereta gantung di Sembalun, Global Hub di Lombok Utara hingga penerbangan langsung Lombok Bejing.

Hu Zhengyue Wakil ketua Hubungan Luar Negeri Tiongkok, sekaligus ketua hubungan Tiongkok Asia menyambut baik rencana penerbangan langsung lombok  Bejing. Beliau berjanji akan menyampaikan keinginan tersebut. Hal yang sama juga disampaikan saat diterima Konjen Tiongkok untuk Bali NTB NTT  Gou Haodong saat menerima wartawan 3 provinsi tersebut.

Tiongkok sangat menyadari hubungan baik kedua negara yang sudah terjalin ratusan tahun yang lalu sejak zaman kerajaan. Kini hubungan tersebut akan diupayakan dapat berjalan kembali, setelah Tiongkok membuka diri dengan dunia luar. Sayangnya brosur dan potensi daerah untuk pengembangan dan rencana investasi tidak ada yang terbawa sehingga meminta untuk diadakan seminar investasi atau kunjungan investor ke daerah untuk melihat langsung potensi yang ada.

Setiap pertemuan masing-masing ketua PWI mendapatkan jatah untuk mempromosikan daerahnya masing-masing. Kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan baik, meskipun diantara pejabat tersebut banyak yang belum sempat mengunjungi Indonesia. Namun demikian beberapa pejabat penting sudah mengenal beberapa kota besar Indonesia lewat kegiatan seminar dan kunjungan  kerja seperti Bali. Kebaradaan NTB yang terletak di timur Balipun mendapat respon positip terlebih 2021 akan diresmikan sirkuit internasional di KEK Mandalika.

Tiongkok Negara Modern

Perkembangan pembangunan di Tiongkok sejak merdeka dan membuka diri dengan dunia luar sungguh sangat menakjubkan. Kehidupan modern sangat terasa dengan memanfaatkan teknologi tinggi. Belanjapun sudah jarang menggunakan pembelian langsung tetapi menggunakan elektronik, cukup menempelkan HP di ‘barkode” pada barang yang dibeli. Demikian juga penyewaan sepeda yang lalu lalang di jalanan. Karcis masuk keberbagai obyek wisatapun tidak menggunakan dana segar.

Jalan utama yang sangat luas 3 hingga 6 jalur diimbangi dengan taman kota sepanjang jalan membuat kota di Tiongkok tampak asri. Sungaipun tampak bersih dan jernih jauh dari sampah yang berserakan baik sampah pohon maupun sampah plastik. Kendaraan yang lalu lalang dijalan tidak menimbulkan kemacetak meskipun kotaseluas Bejing dengan penduduk diatas 100 juta. Perumahan berupa aperteman menjulang tinggi di setiap kota dengan jumlah yang sangat banyak dimana lantai satu dimanfaatkan untuk sarana sosial dan supermarket.

Gedung-gedung moderen dan pencakar langit bertebaran dimana-mana, bahkan pembangunan apertemen terus dikebut demikian juga dengan jalan layang yang menghubungan kawasan yang satu dengan yang lain. Kehidupan masyarakat terlihat tertib untuk antri dalam setiap kegiatan dengan tetap menonjolkan budaya daerahnya yang tinggi. ‘’Budaya harus dipertahankan dan mendapat perhatian khusus karena dipelajari dengan seksama dengan cara langsung ke daerah tersebut, berbeda dengan teknologi cukup dipelajari saja menggunakan sarana yang ada,seperti film’’ tambah Konjen Tiongkok

Gou Haodong menambahkan akan lebih baik melihat langsung  kondisi suatu daerah meskipun hanya satu kali daripada mendapatkan cerita 100 kali. Apalagi dengan budaya yang spesifik dan hanya ada pada daerah tertentu. Tiap daerah mempunyai budaya yang berbeda dan harus dilestarikan karena mempunyai keunikan tersendiri dan bisa dijual sebagai pelengkap diberbagai obyek wisata.

Kemajuan teknologi di Tiongkok dapat disejajarkan dengan negara-negara maju lainnya baik di Amerika dan Eropah tanpa meninggalkan budayanya. Justru budaya yang dianggap positip membantu untuk mensejajarkan diri dengan negara maju lainnya. Kehadiran budaya sebagai bukti sejarah majunya peradaban Tiongkok ribuan tahun lalu ternyata menjadi cambuk untuk kemajuan negari Tirai bambu ini.

Bejing Ibu Kota dan Kota spektakuler di Tiongkok

Keberadaan kota bejing yang menjadi ibu kota Tiongkok sangat  spektakuler. Gedung pencakar langit yang  mewah dan  ruang terbuka hijau serta peninggalan sejarah banyak dijumpai di kota ini. ‘’ Menurut sensus 2018 kota ini didiami 215 juta jiwa mengalahkan penduduk  Pulau jawa dan Nusa Tenggara bahkan hampir menyamai Indonesia. Dengan pendapatan rata-rata penduduknya perkapita mencapai 63.361 RMB hampir Rp.  135 juta/tahun dan PAD 30.3 RMB sebanding Rp. 6,06 triliun dengann kenaikan 9 persen dibandingkan tahun sebelumnya,’’ sahut Konjen China untuk Bali Nusra, Gou Haodong didampingi stapnya  Ali.

Bejing menjadi ibu kota negara selama 860 tahun dan berdiri sejak 3000 tahun yang lalu dengan warisan sejarah terbanyak di dunia dan menjadi kota kuno di Tiongkok. Hingga saaat ini keberadaan situs Kuno berupa istana kerajaan dengan sungai dan danau yang mengelilingnya masih dilestaraikan, bejing sendiri terlatak di daratan Tiongkok sebelah utara dengan luas 16.410.54 Km2 memiliki 16 distrik dan mengalami 4 musim yakni musin hujan dan curah hujan yang tinggi dan sangat dingin serta kering dimusim dingin. Dari kota ini hanya 2 jam ke utara kita akan menemukan tembok besar  China (The Great wall) yang terkenal kokoh.

Didalam kota berdiri dengan sangat megah beberapa peninggalan masa lalu, terutama hasil karya dari dynasti Thing. Selain peninggalan masa lalu berdiri dengan megah bangunan baru dan moderen denagn area yang sangat luas dan menakjubkan seperti musium Bejing 6 lantai, arena Olympiade ruang opera dan bangunan lainnya.

Di kota ini juga berdiri musium istana kota terlarang Forbiden City. Banyaknya obyek wisata di kota ini membuat kunjungan wisatawan juga ikut tinggi mencapai 3,1 milyar di tahun 2018 meningkat 4,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya  dengan pendapatan 5,556 milyar dari wisatawan lokal meningkat 8,5 %  dan wisatawan asing 4 juta atau meningkat 2,0 % dari tahun sebelumnya. Kunjungan wisatawan yang paling tinggi di Bejing adalah di dalam istana mencapai 80.000 setiap harinya

Khusus kunjungan ke Istana yang sangat padat,  memberikan gratis kepada pelajar dibawah usia 12 tahun dan 50 % untuk pelajar dan Mahasiswa. Antrian panjang terlihat memasuki pintu masuk yang sudah disiapkan tanpa melupakan bendera kecil bagi kelompok tertentu supaya tidak hilang dari barisannya. Luapan pengunjung yang sangat padat meskipun area yang cukup luas dan terika matahari dimusin panas yang mencapai 38 derajat C tidak mengurangi semangat pengunjung. Bangunan tua yang dilestarikan keberadaanya ini sebagai bukti sejarah peredaban massa lalu negeri tirai bambu ini. Dalam istana ini terdapat halaman yang cukup luas untuk gelar pasukan sekaligus tempat pengumuman sekaligus peresemian penggaian putra mahkota sebagai pucuk pimpinan tahta kerajaan. Disamping bangunan berdiri rumah yang dikhususkan untuk selir raja baru kemudian kebun dibelakang istana raja yang tumbuh tanaman berumur ratusan tahun.

Musium Bejing yang dibangun modern berlanati 6 sangat megah menampilkan berbagai asesoris sejak jaman batu hingga kerajaan dan zaman modern sekarang ini. Pengunjung ditempat ini sangat banyak dan antusis terutama dari luar kota Bejing yang ingin melihat situs sejarah nenek moyang meraka yang hidup ribuan tahun yang lalu.

Lain halnya dengan ruang opera sebelumnya kita diajak keliling melihat hasil karya mereka dan karya dunia yang dipentaskan di ruang tersebut. Menariknya ruang bawah tanah ini menggunakan atap kolam yang sangat luas dan dibatasi kaca tebal sehingga terlihat terang dan menawan. Karya besar ini dibuat puluhan tahun dan sangat spektakuler.

Pelaksanaan olympiade di kota ini juga ikut menjadi momentum dengan berbagai keistimewaan sehingga menjadi obyek wisata khusus bagi warga Tiongkok terutama warga kota bejing dan sekitarnya. Berbagai obyek wisata dibangun disamping pelestarian bahkan Musium khusus dibuat untuk maketkota bejing yang saat ini masih diusulkan ke Unesco dengan melibatkan 200 arsitek.

Karya seni moderen ini yang dibangun di Bejing semakin lengkap dengan kehadiran tembok Besar China yang bisa dilihat langsung dari 2 pintu yakni Hushan lioning dari  Timur utara dan  Gansu dari Barat Timur Tiongkok yang diabngun sejak 400 Tahun SM oleh dinasty Thin denagan panjang 8.851,8 Km dimana setiap  120 meter dibangun ruangan berlantai 2 yang dimanfaatkan untuk gudang dan ruang pengintaian dengan lebar hingga 7 meter. Sementara tembok China sendiri lebatnya 3 sd 5 meter tergantung lokasi wilayahnta diatas pegunungan sebagai tembok pembatas sekaligus benten. (kis)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid