Jembatan Dasan Agung Jadi Ikon Kota Mataram

Jembatan Dasan Agung
IKON BARU : Jembatan Dasan Agung dipersiapkan sebagai ikon baru Kota Mataram. (Ali/Radar Lombok)

MATARAM—Proyek pembangunan jembatan yang menghubungkan Dasan Agung dan Dasan Sari Kota Mataram segera dirampungkan. Jembatan ini juga dipersiapkan sebagai ikon baru Kota Mataram.

Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh mengatakan, jembatan Dasan Agung bisa menjadi ikon Kota Mataram kedepan. ‘’Tentu ini saya lihat bisa menjadi ikon Kota Mataram. Jembatan ini bisa memberikan nilai positif bagi masyarakat kita,’’ ujarnya, Jumat (12/10).

BACA JUGA: Kasus Perdagangan Orang, Sembilan Orang Jadi Korban

Karena menjadi ikon, dipastikan jembatan akan ada banyak aktivitas yang ada disekitarnya. Seperti dijadikan lokasi berjualan saat pembangunan selesai.

Ia mengatakan, jembatan Dasan Agung akan dipercantik dan kebersihannya dijaga. Kemudian ada lampu hias yang terpasang dijembatan maupun dipinggir sungai.

‘’Sehingga itu juga nanti bisa digunakan sebagai tempat nongkrong anak-anak muda kita. Kita akan persiapkan,’’ katanya.

Karena dipersiapkan menjadi ikon Kota Mataram. Wali Kota meminta dukungan dan partisipasi dari warga sekitar. Karena pembangunannya juga sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Pihaknya juga akan tetap mengingatkan utamanya kepada warga yang berada di pinggir sungai agar bersama-sama menjaga keindahan dan kebersihan jembatan. ‘’Jangn sembarang membuang sampah ke sungai. Kita bersama-sama menjaga lingkungan kita,’’ harapnya.  

Warga Dasan Agung dan Dasan Sari serta sekitarnya dibatasi oleh sungai Jangkuk. Walaupun sudah ada dua jembatan yang bisa dilalui. Yaitu jembatan Udayana dan jembatan Gapuk Dasan Agung. Namun letaknya dianggap masih terlalu jauh. Di lain sisi, pemukiman saat ini sudah sangat padat. Sehingga akses untuk beraktivitas sulit dan terbatas.

‘’Itulah ide awalnya sehingga jembatan ini kita bangun supaya akses itu bisa lancar,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Mataram, H Kemal Islam mengatakan, pihaknya sudah merencanakan untuk mempercantik jembatan Dasan Agung. Yaitu dengan memasang lampu hias di sekitar sungai dan jembatan. Rencana itu akan direalisasikan saat pembangunan jembatan dirampungkan November mendatang.

BACA JUGA: Lebih Dekat dengan Dhita Juliana, Atlet Voli Pantai Andalan NTB

‘’Iya sudah ada itu desainnya. Kita akan pasang lampu-lampu hias. Jembatan ini akan semakin indah di malam hari. Nanti bisa digunakan dan banyak manfaatnya untuk masyarakat,’’ kata Kemal. (gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut