Jelang Ramadan, Harga Sembako Normal

MATARAM- Dinas Pertanian Kelautan dan Peternakan (DPKP)  Kota Mataram  menjamin ketersediaan pasokan Sembako terutama beras dan daging di Kota Mataram selama bulan puasa mendatang. Dinas sendiri melakukan pemantauan stok Sembako di tiga pasar kemarin masing-masing di Pasar Mandalika, Pasar Pagesangan dan Pasar Kebon Roek. Selain memastikan stok Sembako, dinas juga memantau kondisi harga Sembako. Hasil pantauan, harga Sembako masih stabil bahkan harga cenderung turun untuk beberapa jenis kebutuhan seperti bawang dan cabai.”Stok Sembako kita masih aman jelang bulan puasa,” ungkap Kepala DKP Kota Mataram H. Mutawalli di sela-sela pemantauan.

Kebutuhan yang mengalami kenaikan harga hanya daging ayam dimana harga sebelumnya Rp 25 ribu naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Mutawalli menyebutkan dari tiga pasar yang dikunjungi, harga-harga  relatif stabil dan merata. Kalaupun ada perbedaan harga itu masih bervariasi karena berkaitan dengan biaya operasional dan pengiriman barang. Tapi harga-harga ini dinilai masih normal dan wajar.

Kemungkinan akan terjadi kenaikan harga ketika sudah memasuki bulan puasa, itupun  harga akan dipengaruhi jika ramai pembeli, kalau pembeli bulan puasa ramai pedagang pasti akan menaikkan harga.

Tetapi yang jadi perhatian Pemkot, begitu memasuki bulan puasa jangan sampai stok-stok barang hilang dan langka. Makanya dari sejak awal pihaknya turun melakukan pemantauan.”Jangan sampai dipertengahan justru  stok jarang dan harga naik,”tegasnya.

Untuk antisipasi stok barang  supaya tidak langka, dinas bersama dengan pemerintah provinsi akan melakukan pemantaun bersama.”Kalau ada kelangkaan kita razia  gudang- gudang ini,” tegasnya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid