Jelang Puasa Ramadan, Harga Emas Mulai Naik

harga emas
Sahnan, pedagang emas di Craf Center, Pagesangan, Kota Mataram ketika melayani pembeli, Kamis kemarin (3/5). (Devi/Radar Lombok)

MATARAM – Menjelang puasa, kenaikan harga tidak hanya pada kebutuhan pangan pokok masyarakat sehari-hari saja.  Kenaikan harga juga justru dialami diluar bahan pokok, yakni emas berlian. Harga emas berlian menjelang bulan puasa Ramadan ini pun ikut merangkat naik, layaknya menjadi bahan kebutuhan pokok utama masyarakat.

Sahnan salah seorang pedagang emas di Mataram Craf Center, Pagesangan mengaku kenaikan harga emas juga dipengaruhi dari melonjaknya penukaran kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Saat ini harga emas pun sudah mencapai Rp560 ribu pergramnya. Jika sebelumnya harga per gram emas sekitar Rp500 ribu. tetapi dengan kondisi harga emas yang naik ini, penjual emas pun masih sepi dari pembeli.

“Lagi sepi kalau sekarang, datang paling satu atau dua orang. Ada juga yang datang dari pedagang untuk di jual kembali, tetapi harga kita berikan berbeda dengan pembeli biasa,” ujar Sahan, Kamis kemarin (3/5).

Sahnan mengatakan jika banyak para pelanggan yang berjual emas secara online datang ketokonya untuk membeli mencari model yang sama seperti dijual, dan memberikan harga sedikit lebih murah.  Tak hanya itu saja, Ia juga menerima pesanan dengan bentuk sesuai keingan para pelanggan dengan harga sedikit lebih tinggi.