Jelang Pelaksanaan Ta’arruf, Kemenag Keluarkan Imbauan

PRAYA—Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah (Loteng), Drs . Nasri Anggara MA menyebutkan, pelaksanaan Masa Taarruf Siswa Madrasah (Matsama) berlangsung pada pertengahan bulan Juli mendatang.

Kendati pelaksanaannya masih jauh, namun pihaknya sudah mengumpulkan sejumlah kepala madrasah negeri. Langkah ini diambil guna menaati dan melaksanakan peraturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, terkait penggojlokan siswa baru mendatang.

"Untuk madrasah sendiri, kita sudah sepakat program tersebut dinamakan Matsama, yang artinya Masa Taaruf Siswa Madrasah,” sebutnya, Jumat (1/7).

Dalam pemanggilan tersebut lanjutnya, guna memberikan penekanan dan pemahaman kepada semua kepala madrasah, jika metode lama tahun ini tidak bisa diterapkan. Ini karena ada aturan khusus dari pusat yang mengaturnya. Selama pelaksanaan Matsama, itu dilakukan oleh guru madrasah, tidak lagi dihandel oleh kakak kelas.

BACA JUGA :  Kemenag NTB Berangkatkan 16 Siswa di PPMN

“Kita tidak tahu persis kenapa aturan ini dikeluarkan, namun yang jelas kami sudah siap melaksanakan itu,” ungkapnya.

Dikatakan, dalam kegiatan Matsama, pihaknya juga telah menekankan kepada guru  untuk terfokus atau memberikan pengenalan lingkungan madrasah bagi siswa baru.

Mulai dari pengenalan lingkungan madrasah, aktivitas, apa saja program yang dilakukan dan mereka harus memperkenalkan guru yang ada di madrasah. (cr- ap)