Jelang HUT TNI AL Ke-76, Lanal Banjarmasin Kembali Gelar Vaksinasi Massal

VAKSINASI: Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla, didampingi Ketua Penyelenggara Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti, meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar Lanal Banjarmasin. (ist for radarlombok.co.id)

BANJARMASAIN—Memperingati HUT Ke-76 TNI Angkatan Laut yang bertemakan “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, yang jatuh pada tanggal 10 September 2021, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin kembali menggelar penyuntikan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac, yang sudah terbukti aman dan efektif digunakan oleh masyarakat Kalimantan Selatan.

Kegiatan Serbuan Vaksinasi (Servak) secara massal ini di gelar di Gedung Hassan Basry Markas Komando Lanal Banjarmasin, dengan melibatkan sebanyak 23 Vaksinator (Nakes) gabungan dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin dan Poltekes Kemenkes Kota Banjarmasin.

Sementara itu, jumlah Vaksin yang disiapkan oleh Lanal Banjarmasin sebanyak 38 Vial, atau setara dengan 380 dosis, dan yang menjadi target Vaksinasi kali ini adalah masyarakat Maritim (Pesisir) yang berada di Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin Selatan dan Kecamatan Sungai Tabuk yaitu dari usia remaja sampai dengan para Manula.

BACA JUGA :  Airlangga Hartarto: Harga Vaksin Mandiri Segera Ditetapkan

Saat meninjau, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla, didampingi Ketua Penyelenggara Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti, Perwira Pelaksana Mayor Laut (PM) Catur Dono dan Perwira Staf Operasi Lanal Banjarmasin Kapten Laut (P) Bambang Haryanto, mengatakan giat Servak massal ini digelar dalam rangka rangkaian hari jadi Ke-76 TNI Angkatan Laut.

“Sekaligus menindaklanjuti instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu agar seluruh jajaran TNI AL diwilayah kerjanya melaksanakan pemerataan Vaksinasi, untuk mendukung dan mensukseskan program yang dicanangkan oleh Pemerintah pusat maupun daerah, guna menghentikan laju penyebaran Pandemi Covid-19, sehingga dapat memulihkan aktivitas masyarakat agar berjalan normal menuju tatanan kehidupan yang baru,” kata Herbiyantoko, Kamis (9/9).

Servak selanjutnya akan terus dilanjutkan, dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada ke daerah-daerah pelosok atau terpencil untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan suntikan Vaksinasi.

BACA JUGA :  Batalyon Vaksinator Polda NTB Targetkan Vaksinasi di Polres Lobar Rampung Sebelum April 2021

“Agar tidak mudah terserang Virus dan menghentikan angka kasus Wabah Covid-19. Kepada segenap warga jangan ragu-ragu untuk bervaksin, agar didalam tubuh tercipta Herd Immunity. Dan jangan lupa terapkan Prokes yang ketat. Harapannya adalah supaya musim pandemi ini cepat segera berakhir,” terang Danlanal.

Diketahui, dari awal sampai dengan saat ini, Lanal Banjarmasin sudah berhasil menggelar Servak Covid-19 massal dibeberapa tempat kepada masyarakat Maritim Kalimantan Selatan sebanyak 33 kali, dan sudah mencapai 11. 341 orang (1.134 Vial).

Sementara itu, usai mengikuti vaksinasi, salah satu warga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada TNI AL, dalam hal ini Lanal Banjarmasin, yang sudah tulus dan ikhlas memfasilitasi masyarakat Kalsel untuk mendapatkan Vaksinasi.

“Diusianya yang ke-76 tahun ini, dengan semangat Jalesveva Jayamahe, semoga TNI Angkatan Laut tetap profesional dan cepat Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” ucapnya. (gt)