JCH Diminta Jaga Kesehatan

PRAYA-Wakil Bupati Lombok Tengah, L Pathul Bahri melepas 365 jamaah calon haji (JCH) di halaman Masjid Agung Praya, kemarin (28/8).

Wabup dalam kesempatan itu berpesan agar semua JCH menjaga kesehatannya selama berada di tanah suci Makkah. Karena perbedaan cuaca antara Indonesia dan Saudi Arabia sangat jauh berbeda. Panasnya mencapai 40 derajat celcius, sehingga semua jamaah harus betul-betul aktif menjaga kesehatannya. ‘’Saya mengingatkan kepada semua jamaah yang akan berangkat untuk tetap menjaga kesehatan. Karena perbedaan cuaca kita dengan Arab Saudi sangat jauh,’’ ingatnya.

Dalam kesempatan itu, Pathul juga berpesan agar semua jamaah tetap menjaga nama baik daerah. Sehingga mereka bisa pulang dengan haji mabrur. Karena tujuan dari jamaah haji adalah beribadah di tanah suci. ‘’Semoga semua jamaah menjadi haji yang mabrur,’’ do’anya.

Ditambahkan Kepala Kementerian Agama Lombok Tenga, HM Nasri Anggara, semua JCH Lombok Tengah tidak ada masalah. Semuanya sudah mendapatkan visa dan tercatat dalam keadaan sehat. ‘’Hanya satu yang HB-nya rendah tadi pagi (kemarin pagi) tapi sudah dibawa ke rumah sakit provinsi dan Alhamdulillah bisa berangkat,’’ kata Nasri.

Dikatakannya, JCH kloter pertama ini akan berangkat menggunakan pesawat Garuda sekitar pukul 10.00 Wita, hari ini. ‘’Para JCH sudah harus berada di bandara sekitar pukul 9 besok (hari ini, Red),’’ tandasnya.

Ditambahkan Nasri, lima JCH gagal berangkat karena gagal sistem tahun ini dengan alasan berbeda-beda. Diantaranya meninggal dunia, mengundurkan diri, dan belum melunasi ongkos.

Ditambahkan Nasri, jumlah CJH yang berangkat tahun ini memang meningkat, tapi tidak signifikan. Kuota Lombok Tengah tahun ini sebanyak 742 orang, atau meningkat 11 orang. Tapi, lima orang dipastikan tidak berangkat sehingga jumlahnya menjadi 737 orang. “Kuota CJH kita tahun ini ada peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Meski tidak besar namun ini patut kita syukuri,” katanya.

Dijelaskan, metode pemberangkatan CJH ini dibagi menjadi tiga kloter. Yakni satu kloter utuh pada pemberangkatan pertama tanggal 23 Agustus, kloter kedua tanggal 26 Agustus, dan kloter ketiga campuran dari Lombok Barat dan Lombok Timur. ‘’Jadwal kloter campuran ini menyusul,’’ tandasnya. (dal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid