Jasa Pengiriman Barang Naik 20 Persen

JNE
LAYANAN : Petugas expedisi melayani costumer saat akan ingin mengirim barangnya. (DEVI HANDAYANI /RADAR LOMBOK)

MATARAM – Selama momen Ramadan dan hari Raya Idul Fitri tren jasa pengiriman paket mengalami peningkatan 20-30 persen dibandingkan hari normal. Kenaikan ini biasa terjadi setiap tahunnya, bahkan tren peningkatan arus pengiriman barang lebih tinggi baik yang masuk maupun keluar.

Kepala Cabang PT JNE Mataram Misti Lulu Indrayani mengatakan untuk kondisi pengiriman barang yang berlebihan sampai saat ini belum ada. Tetapi untuk peningkatan memang selalu ada setiap musim Ramadan. Hanya saja, sekarang ini ada kendala dari jadwal penerbangan yang dari dan ke Lombok, karena banyaknya flight berkurang dari maskapai. Kendati demikian, secara operasional proses pengiriman masih lancar, aman dan tidak terganggu.

“Semua masih sesuai dengan SLA yang kita janjikan dengan costumer dan peningkatan sih ada 20-30 persen, rata-rata sama semua dari tahun sebelumnya kalau musim seperti ini pasti peningkatannya segitu,” kata Misti Lulu Indrayani, Senin kemarin (20/5).

BACA JUGA: Stok Daging Sapi dan Ayam Dijamin Aman

Dikatakannya, ada beberapa faktor penyebab terjadinya peningkatakan di bulan Ramadan ini. Diantaranya adalah faktor belanja online yang meningkat dan peraturan jumlah bagasi yang sudah mulai diterapkan oleh maskapai-maskapai penerbangan. Hampir tiap tahun masa-masa seperti ini memang dapat diprediksi, dan untuk peningkatannya itu memang banyak faktor salah satunya faktor belanja meningkat.

“Dari tahun sebelumnya memang ada peningkatan, walaupun tidak terlalu besar karena kondisi pascagempa dan lain lain. Tetapi memang ada pengaruhnya,” terangnya.

Pengiriman paket  saat ini masih di dominasi kiriman domestik, dimana paling banyak dari online shop. Selain itu pada musim lebaran ini biasanya parsel dan pengiriman makanan juga ada. Sementara itu memang ada peningkatan volume, tapi terlalu berlebihan.

BACA JUGA: Disnakertrans NTB Siapkan Posko Pengaduan THR

“Kita tetap cari alternatif transportasi atupun proses yang bisa dimaksimalkan SLA pengiriman untuk para costumer,” ujarnya.

Di jelaskannya operasional untuk pengiriman barang dilakukan 24 jam, tidak hanya pengiriman saja, tetapi juga menerima delivery. Misti mengaku pihaknya tidak hanya melayani pengiriman ke luar daerah, tetapi juga hingga keluar negeri. Untuk saat ini, pengiriman ke timur tengah diberikan gratis ongkos kirim.

“Selama Mei kita ada gratis pengiriman ke timur tengah. Tiap tahun kita selalu berikan promo dengan pengiriman gratis ke luar negeri,” katanya. (cr-dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid