Jangan Scan Ijazah Pakai HP

Jangan Scan Ijazah Pakai HP
PELAMAR: Para pelamar CPNS perlu berhati-hati meng-upload hasil scan ijazah.( Sudir/Radar Lombok)

Terbukti Banyak Tidak Lulus Tahun Lalu

MATARAM–Para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diimbau tetap hati-hati saat mendaftarkan diri secara online. Salah satunya, ketika mengupload hasil scan ijazah.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H Ahmad Mujahiddin mengatakan, para pelamar harus banyak belajar dari kasus tahun lalu. Banyak yang tidak lulus adminitrasi karena salah scan.

Para pelamar disebutnya menggunakan handphone (HP) saat melakukan akses pedaftaran, maupun menggunakan foto biasa. ‘’Banyak pelamar gugur adminitrasi karena salah scan ijazah, tidak sesuai ketentuan,’’ katanya, kepada Radar Lombok, Selasa kemarin, (29/10).

Untuk Kota Mataram, beberapa formasi yang dibuka  secara keseluruhan yakni, untuk formasi tenaga pendidik 177, tenaga kesehatan 76, tenaga teknis 22. Dari semua formasi itu totalnya 275 formasi.

Mujahiddin mengingatkan, kalangan pelamar harus tetap ekstra hati-hati.  Mendekati tahapan pendaftaran 11 November mendatang, para pelamar harus bisa menyiapkan diri lebih awal.

Selain Ijazah, ada juga surat lamaran, pas foto, KTP dan surat lamaran.  ‘’Pelamar harus tetap hati-hati, harus mempelajari cara mengupload dan scan ijazah asli.  Jangan sekali-kali pakai handpnone karena hasilnya tidak maksimal,’’ jelasnya.

Selain itu, para pelamar juga harus sediakan syarat lain. Seperti jurusan kesehatan, jika perawat  ditambah STR yang masih aktif. Sementara  tenaga guru sertifikat pendidik berlaku bagi yang punya sertifikat pendidik. Karena saat ini, tidak semua perguruan tinggi yang bisa menggeluarkan sertifikat pendidik. Karena itu, para pelamar dari tenaga pendidik diberikan keringanan syarat.

‘’Sertifikat pendidik bukan jadi syarat utama,’’ katanya.

Untuk seluruh formasi sudah ditetapkan. Ini karena dari Kemepan-RB dan wali kota sudah menetapkan.

Tinggal menunggu kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi NTB.

‘’Kalau jadwal pembukaan yang dikirim dari Kemenpan tanggal 11 November secara nasional,’’ ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris BKPSDM Kota Mataram Taufik Priyono menambahkan, para pelamar sudah diberikan informasi sejak awal. Dari proses pendaftaran sampai pelaksaan tes. ‘’Ada tenaga khusus juga disediakan untuk membantu para pelamar untuk mendaftar secara online,’’ katanya. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid