Jambret Perempuan Incar Pelajar Berkeliaran

Ilustrasi Jambret
Ilustrasi Jambret

MATARAM — Keamanan jalanan di Kota Mataram kembali terganggu akibat aksi jambret. Mirisnya, pelaku tidak saja dari kalangan kaum adam, tapi juga kaum hawa.

Aksi penjambretan di sekitar Jalan Catur Warga Kota Mataram, Senin (11/3) lalu, misalnya. Pelakunya adalah perempuan dan korbannya adalah pelajar salah satu SMP di Kota Mataram.

Modusnya lebih miris lagi. Pelaku dibonceng menggunakan sepeda motor. Dari atas motor, pelaku langsung merampas barang milik korban seperti telepon seluler (Hp) dan barang berharga lainnya. Setelah itu, pelaku langsung melarikan diri.

BACA JUGA: Lagi, Mayat Bayi Ditemukan

Kapolres Mataram, AKBP Syaiful Alam, mengaku sudah menerima informasi ini. Pihaknya pun siap menindaklanjutinya. ‘’Informasinya sudah ada yang kita dapat. Pasti akan kita tindak lanjuti,’’ ujarnya, Kamis (14/3).

Dikatakannya, pelaku beraksi di keramaian. Setelah itu, pelaku tidak segan langsung merampas barang korban seperti Hp dan lainnya.

Untuk itu, ia meminta warga masyarakat agar lebih waspada utamanya pelajar yang ada di Kota Mataram. Sebaiknya kata dia, pelajar maupun warga masyarakat lainnya tidak menggunakan dan membawa barang berlebihan karena bisa mengundang pelaku beraksi.

BACA JUGA: Maling Motor Barejulat Ditembak

‘’Barang berharga di tempat umum itu bisa memancing orang lain melakukan tindak pidana. Kalau memakai Hp itu biasanya sudah diawasi pelaku,’’ ungkapnya.

Kejadian serupa disebutnya sudah beberapa kali terjadi. Kejadian utamanya di kegiatan yang mengundang banyak orang. Khusus kepada siswa, Kapolres Mataram meminta untuk lebih waspada.

‘’Artinya kegiatan-kegiatan memunculkan niat pelaku untuk beraksi,’’ terangnya.

Kepolisian ditegaskannya tidak tinggal diam dengan kejadian ini. Patroli semakin masif digencarkan untuk dilakukan. Jalan-jalan di sekitar sekolah diatensi oleh petugas seperti Jalan Catur Warga maupun keramaian di Cakranegara.

BACA JUGA: Kenal Saat Gempa, Gadis 15 Tahun Diperkosa

Pelaku disebutnya memang belum tertangkap. Petugas kesulitan jika tidak ada laporan dari korban atau masyarakat lantaran ciri-ciri pelaku diketahui oleh korban. Laporan diperlukan untuk bisa menindaklanjuti dan cepat mengungkap serta menangkap pelaku.

Sebelumnya, salah satu saksi mata mengetahui adanya penjamberatan terhadap pelajar salah satu sekolah di Kota Mataram. Pelaku disebutnya seorang wanita yang dibonceng seorang pria. Pelaku merampas hp pelajar dari atas motor dan langsung melarikan diri.

‘’Pelakunya cewek dan dibonceng sepeda motor. Saya sempat kejar dia di Jalan Catur Warga. Sempat saya mau tabrak juga tapi berhasil lolos di lampu merah,’’ kata salah seorang saksi. (gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid