Jalan Utama ke Wisata Ulem Ulem Putus, Enam Dusun Terisolir

PUTUS : Jalan utama masuk ke objek wisata Ulem Ulem Desa Tete Batu Kecamatan Sikur putus total setelah bendungan di sekitarnya kembali jebol Senin (14/11) sekitar pukul 14. 25 Wita. (Ist/Radar Lombok)

SELONG – Jalan utama  menuju objek wisata Ulem Ulem Desa Tete Batu Kecamatan Sikur putus total setelah bendungan setempat kembali jebol Senin (14/11) sekitar pukul 14. 25 Wita. Bendungan tersebut tidak mampu menampung debit air ketika terjadi hujan lebat kemarin. Belum lagi saluran pembuangan juga tidak berfungsi karena tertutup oleh sampah.

Jalan utama putus juga menyebabkan enam dusun terisolir. Lokasi dipasangi garis polisi tanda peringatan.

Kepala Desa Tete Batu, Sabli, membenarkan jalan ke Ulem Ulem putus karena bendungan  jebol. Jalan putus ini merupakan bantalan bendungan tersebut. Awal mula jebolnya bendungan  ketika terjadi banjir  beberapa waktu lalu. Dari sana bendungan itu mulai terkikis. Kondisi semakin parah ketika terjadi hujan lebat pada Minggu (13/11).  Areal jebol makin lebar.” Karena hari ini (kemarin red ) intensitas hujan yang tinggi akhirnya jalan  yang menjadi bantalan bendungan ini pun putus total,” terangnya.

Baca Juga :  Dimulai Hari Ini, Lotim Tuan Rumah MTQ Setelah Daerah Lain Tidak Sanggup

Disampaikan, jebolnya bendungan ini disebabkan karena rekonstruksinya yang tidak bagus. Begitu pun halnya dengan saluran pembuangan.  Pembangunan bendungan ini juga dilakukan secara swadaya. Kalau pun ketika itu ada bantuan dari pemerintah sebesar Rp 300 juta tapi itu tidak seberapa.” Sebelumnya tidak pernah seperti ini. Tapi sekarang kan intensitas hujannya sangat tinggi,” imbuh Sabli.

Jembatan putus menyebabkan  warga di enam dusun yang ada di Tete Batu terisolir.”Kita tetap berkomunikasi dengan warga kita  yang terisolasi,” katanya.

Baca Juga :  Lotim Jadi Terbaik Ketiga Keterbukaan Informasi Publik

Selain jalan penghubung ke Desa Tete Batu Selatan, jalan yang putus ini juga penghubung ke desa lainnya yaitu ke Desa Pringgajurang Utara dan Joben. Untuk itu ia berharap jalan ini bisa segera mungkin diperbaiki sehingga jalan ini yang merupakan akses  utama warga setempat bisa dilewati kembali.” Alhamdulillah dari Pemkab Lombok Timur sudah langsung turun. Bahkan pak Sekda baru saja pulang,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur Lalu Mulyadi mengatakan setelah mendapatkan informasi pihaknya langsung turun ke lokasi.”Saya sekarang masih di lokasi,” ungkapnya saat dihubungi kemarin.(lie)

Komentar Anda