Jalan Taman Selong Tergenang air

LUAPAN AIR: Tampak luapan air dengan ketinggian sekitar lutut orang dewasa di sekitar Taman Selong, akibat hujan lebat yang terjadi kemarin. (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG—Taman Kota Selong yang merupakan lokasi warga Kota Selong berolahraga atau jalan-jalan, ternyata tidak bebas dari genangan air. Buktinya ketika terjadi hujan cukup lebat Kamis kemarin (1/12), jalanan di sekeliling taman ini penuhi oleh air, bahkan dengan ketinggian sekitar lutut orang dewasa. Ternyata, hujan deras yang terjadi kurang lebih 1 jam saja, sudah membuat jantung kota Lotim ini dipenuhi genangan air.

Kepala BPBD Lotim melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Muhammad Takdir Ilahi, mengatakan meluapnya air di sekitar Taman Selong disebabkan oleh drainase yang tidak berfungsi, sehingga air dari taman meluap ke permukaan jalan.

“Karena curah hujan cukup tinggi, maka drainase yang di pinggiran taman itu kurang berfungsi. Sehingga buangan air yang tidak dapat di tampung oleh taman, akhirnya meluap ke jalanan,” jelas Takdir kepada wartawan, kemarin.

Mengatasi agar genangan air tidak semakin tinggi, maka pihaknya juga mengaku telah menurunkan mobil pemompa untuk menyedot luapan air. Tak hanya di sekitar Taman Selong saja, drainase lainnya yang tidak berfungsi juga terjadi di depan Kantor Bupati Lotim yang baru, juga terlihat luapan air yang menyebabkan jalan-jalan penuh dengan batu-batu yang dibawa aliran air.

Dengan besarnya curah hujan tersebut, diperkirakan banyak tempat di Lotim akan terjadi genangan. Namun diyakinkan genangan itu tidak berbahaya, karena akan langsung ditangani pihak petugas. ”Kita berharap tidak ada lagi drainase yang  tidak berfungsi normal,” pungkas Takdir. (cr-wan)

BACA JUGA :  Warga Desak Pemda Segera Bangun Talut