Jalan Menuju Gili Mas Gelap dan Rawan Kecelakaan

JALAN : Kondisi jalan pada malam hari di jalur bawah Sekotong menuju Pelabuhan Gili Mas Lembar. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Akses jalan dari Lembar menuju Pelabuhan Peti Kemas Gili Mas dikeluhkan warga. Lantaran kondisi jalur ini rawan macet dan terjadi kecelakaan akibat padatnya lalu-lalang kendaraan yang mengangkut barang. Terutama kendaraan berbadan lebar atau truk kontainer yang mengangkut barang atau material dari dan ke pelabuhan.

Pada malam hari lalu-lalang kendaraan truk begitu padat, tidak sebanding dengan lebar jalan. Kondisi ini mengakibatkan jalur ini macet. Bahkan, pengendara roda empat yang mau jalan mesti antre menunggu kendaraan truk lewat. Kondisi diperparah dengan kondisi jalan yang minim PJU.”Kalau malam kita harus hati-hati karena rawan kecelakaan,” tutur Rian kepada koran ini kemarin (3/11).

Warga dan pengguna jalan berharap agar pemerintah secepatnya melakukan pelebaran jalan dan memasang PJU di kawasan jalan Sekotong jalur bawah ini. Untuk menangani kondisi ini, rencananya jalur dari Lembar-Sekotong (lewat jalur bawah) akan diperlebar oleh pemerintah provinsi (Pemprov). Pelebaran jalan akan dilakukan tahun depan.

Hal ini juga diakui oleh GM Pelindo III Lembar, Baharudin. Ia mengakui kondisi jalur ini memang kurang lebar sehingga rawan kemacetan. Rencananya nanti diperlebar tahun 2021.”Nanti tahun 2021 akan dilakukan pelebaran oleh provinsi,” ungkapnya.

Panjang jalan ini sebut dia, mulai dari Simpang tiga Segenter Lembar sampai dengan Pelabuhan Gili mas sekitar 7 kilometer. Rencananya akses jalan ini diperlebar, karena informasi dari Dinas PU provinsi sudah disetujui oleh pusat. Diakui jalur ini gelap karena tidak ada PJU. Pihaknya pun sudah meminta tolong kepada Kades setempat untuk paling tidak mengusulkan ke kabupaten. Karena kalau dari pihak pelindo tidak bisa menangani PJU. Yang bisa mengusulkan itu pihak desa, baik ke kabupaten maupun provinsi.

Pihaknya juga sudah meminta bantuan DPRD Dapil menyuarakan perihal PJU ini.”Kita juga sudah minta bantuan kepada anggota DPRD Lobar,” ungkapnya.

Kalau jalan ini sudah dilebarkan dan dipasangkan penerang, maka aksesnya semakin luas dan terang sehingga pengendara tidak lagi mengeluh kondisi saat ini, dan masyakat akan lebih aman dan nyama melintasi jalan jalur bawah Sekotong.(ami)