Jalan dan Trotoar Rusak, Dinas PU Surati PDAM

RUSAK : Trotoar di jalan lingkar selatan yang rusak akibat proyek galian pipa PDAM Giri Menang kemarin (Audir/Radar Lombok)

MATARAM-Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram melayangkan  surat teguran ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri menang sebagai pemilik proyek galian pipa yang merusak jalan dan trotoar di sejumlah titik. “ Kami telah berikan surat teguran, semua trotoar maupun jalan harus kembali seperti semula setelah digali. Misalnya kalau posisi awalnya hotmix, ya harus hotmix, bukan tambal sulam,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram H. Mahmudin Tura kepada Radar lombok, Sabtu (15/10).

Dinas juga sudah menurunkan tim untuk mengawasi kerja PDAM berkaitan dengan proyek galian tersebut. Mahmuddin mengatakan, untuk dapat mengembalikan kondisi jalan seperti semula, dinas sudah berkoordinasi dengan PDAM dan hasilnya PDAM komit mengembalikan kondisi jalan seperti semula. “ PDAM bahkan telah bekerjasama dengan pihak ketiga untuk bisa mengembalikan jalan yang sudah digali dengan menggunakan aspal bukan semen seperti sebelumnya,” ungkapnya.

Komitmen itu sudah disampaikan langsung oleh pihak PDAM ketika dirinya bertemu membahas masalah ini. Ia mengakui kondisi pipa PDAM saat ini sudah banyak yang bocor sehingga PDAM melakukan pergantian pipa baru di sejumlah titik termasuk di jalan protokol. Perbaikan pipa ini, katanya, tidak bisa dilakukan bersamaan dengan perbaikan jalan sebab hal itu terkait dengan anggaran dan kondisi pipa yang bocor.” Kita maunya pemasangan pipa bisa bersamaan dengan pengaspalaan jalan agar jalan tidak dibongkar-bongkar lagi, tapi anggaran tidak memungkinkan dan kebocoran juga tidak bisa kita prediksi,” katanya.

Sementara itu anggota Komisi III DPRD Kota Mataram H. Husni Thamrin meminta pengawasan diperketat lagi. Karena banyak areal publik yang rusak dan tidak dikembalikan seperti semula oleh pihak ketiga yang digandeng PDAM. Ia berharap galian seperti trotoar diperbaiki seperti semula.

Politisi PPP ini berharap kedepan proyek galian lebih terencana lagi sehingga tidak sembarang merusak jalan dan trotoar. “ Kita minta jangan digali lagi. Jangan asal gali namun tidak diperbaiki seperti semula,” pungkasnya.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid