Jajaran TNI Latih Wawasan Kebangsaan Pelajar

Kol. Inf. Farid Makruf, MA. (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM–Tentara Nasional Indonesia (TNI) kini ikut membina anak-anak muda, terutama yang masih duduk di bangku sekolah. Seperti kemarin (16/10), siswa-siswi dari SMA Negeri 1 Labuhan Haji Lombok Timur gabung dengan SMA Negeri 10 Mataram ikut latihan PBB (Pendidikan Baris Berbaris) di Lapangan Yonif 742/SWY Gebang, Mataram.

Kegiatan seperti ini dilakukan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar anak-anak muda terutama yang masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah terutama di tingkat SMU/SMK sederajat. Tujuannya, agar bisa lebih mengenal arti berkebangsaan, serta lebih faham tentang Pancasila dan UUD 1945.

“Kita dari TNI saat ini memang masuk ke sekolah-sekolah untuk memberikan pelajaran tambahan tentang arti wawasan berkebangsaan dengan tujuan agar anak-anak kita terutama yang masih duduk di bangku sekolah memiliki wawasan kebangsaan lebih luas,” kata Danrem 162/WB, Kol. Inf. Farid Makruf, MA.

Sedikitnya da sekitar 30 sekolah yang ada di Pulai Lombok terlibat dalam kegiatan itu. Kegiatan ini disebutnya baru pertama kali dilakukan.

Pantauan Radar Lombok, siswa-siswi perwakilan dari SMA Negeri 1 Labuhan Haji dan SMA Negeri 10 Mataram memang terlihat sangat antusias dan bersemangat. Ini terlihat ketika pasukan Yonif yang berjumlah 30 orang memperagakan atraksi baris berbaris sambil menenteng senjata laras panjang, mereka terlihat sangat bersemangat dan cukup terhibur.

Usai diberikan pelatihan baris berbaris di lapangan, siswa-siswi tersebut juga diberikan arahan dan wejangan di aula. Lalu malamnya juga akan diajak melakukan renungan.

“Semua personil TNI di tingkat Korem 162/WB kita libatkan, mulai dari Kasrem, Kasi Korem, Kapenrem, Kodim, Koramil dan Babinsa untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak didik, dengan maksud agar siswa-siswi bisa lebih disiplin terutama kepada dirinya sendiri dan kepada orang lain disekitarnya,” tandasnya. (amy)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid