Jajaki Kerjasama, Gubernur Kunjungan ke Cina

MATARAM—Guna menjajaki kerjasama lebih konkrit, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi beserta istri, Hj. Erica Zainul Majdi melawat ke Cina sejak hari Minggu (15/5) dan dijadwalkan berlangsung hingga 21 Mei mendatang.

Ikut juga dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan Hj Budi Septiani, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Hj Hartina, Kepala Bakorluh Hj Husnanidiaty Nurdin, Karo Humas dan Protokol Yusron Hadi, Karo Administrasi Pembangunan, Karo Kerjasama dan SDM Setda Prov NTB.

Karo Humas dan Protokol, Yusron Hadi mengatakan lawatan Gubernur beserta rombongan tersebut akan berlangsung di tiga kota yang masuk dalam dua provinsi, yaitu Kota Luohe dan Zhengzhou di Provinsi Henan serta Kota Yinchuan di Provinsi Ningxia.

“Maksud kunjungan kali ini, pertama menjajaki kerjasama strategis sektor industri pertanian dan pariwisata dengan pemerintah  Luo He sekaligus menghadiri the 14th China Food Expo dan Institute Technology di kota Luo He Provinsi Henan. Yang kedua mengadakan pertemuan dengan Gubernur Henan terkait pengembangan kerjasama kedua region. Dan yang ketiga adalah menandatangani Letter of intents (LOI)  kerjasama NTB dengan Provinsi Ningxia,” terangnya dari Cina, Senin kemarin (16/5).

Selain itu, kunjungan tersebut sekaligus untuk mengadakan pertemuan dengan Direktur Badan Perencanaan Pembangunan, Direktur Perdagangan dan Dinas Pertanian/Peternakan Provinsi Ningxia di kantor Department of foreign affair Ningxia. Direncanakan pula akan mengunjungi pabrik pengolahan makanan halal dan pabrik budidaya sapi di Kota Wuzhong.

Kunjungan pertama ke Kota Luo He,Gubernur beserta istri dan didampingi seluruh anggota rombongan menegaskan kedatangannya dalam rangka menjajaki kerjasama dan meningkatkan peluang kerjasama dalam berbagai bidang dengan pemerintah Luo He. Kemajuan daerah Luo He pada sektor industri pengolahan pertanian dan pariwisata menjadi daya tarik tersendiri bagi kedatangan Gubernur.  "NTB ingin belajar banyak dan membuka kesempatan terhadap kerjasama yang saling menguntungkan antara kota Luo He dengan Pemerintah NTB,” ujar Yusron menyampaikan perkataan Gubernur saat memaparkan beragam potensi yang dimiliki NTB di hadapan Walikota dan para pejabat utama Kota Luo He.

Di bagian akhir Gubernur mengundang walikota LuoHe datang ke NTB untuk melihat lebih dekat potensi yg dimiliki NTB. Mendengar ajakan tersebut, pemimpin kota Luo He nampak antusias dan menyambut dengan senang hati untuk berkunjung ke Mataram. Terlebih mereka sadah banyak mendengar barbagai kemajuan baik industri pariwasata maupun keunggulan NTB di sektor pangan.

Selanjutnya dihari kedua, Gubernur menghadiri acara Pembukaan Expo Pangan terbesar se-China. Gubernur yang didampingi istri, Hj. Erica Zainul Majdi menempati posisi terhotmat dalam event tersebut yaitu dengan menempati panggung kehormatan bersama kepala daerah di china dan beberapa negara sahabat.

Acara tersebut dihadiri kurang lebih 20 negara sahabat termasuk NTB yang mewakili Indonesia. Event expo pangan yang ke 14 tersebut merupakan event tahunan terbesar di China dan bahkan berskala internasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Luo He selama 3 hari hingga 18 Mei mendatang.

Sementara itu, untuk memastikan sejauh mana pembuatan produk pangan halal di Luo He, Gubernur dan segenap rombongan melanjutkan peninjauan ke Pabrik Olahan makanan halal terbesar di dunia yg berada di kota Luo He. Pabrik ini mampu memproduksi sekitar lima puluh juta ayam dalam setahun bagi konsumen/pakan ayam halal. Semua ayam dipelihara di 17 gudang besar dan  sekitar 16.800 ayam di potong perhari. Di kawasan ini juga terdapat pemukiman warga muslim yang kepala daerahmya juga merupakan seorang muslim.

Selain itu, Gubernur menyemaptkan diri meninjau Pabrik pengolahan daging sapi dan bertemu langsung dengan jajaran pimpinan perusahaan. Mereka berniat membangun pabrik pengolahan daging sapi halal NTB karena pimpinan perusahaan tersebut telah datang ke NTB beberapa waktu yang lalu. “Kita berharap itu bisa terwujud,” harap Yusron. (zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid