Jajak Pendapat Calon Pemimpin 2024, Petahana Zulkieflimansyah Hanya 18,14 Persen

Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Mantan Bupati Loteng M. Suhaili FT, Bupati Lobar Fauzan Khalid. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Lentera Hati Foundation melakukan jajak pendapat terhadap figur-figur calon pemimpin di Provinsi NTB untuk Pilkada 2024.

Dari hasil jejak pendapat ada 11 tokoh laki-laki NTB yang paling menonjol. Yang paling tinggi Dr. H Zulkieflimansyah Gubernur NTB saat ini dengan persentase 18,14 persen, selanjutnya ada mantan Bupati Loteng M. Suhaili FT dengan persentase 15,58 persen. Posisi ketiga Fauzan Khalid Bupati Lobar 14,53 persen.

Selanjutnya ada nama Raden TGB Lalu Gede Muhammad Zaenudin Atsani 12,67 persen. Lalu Bupati Lotim M Sukisman Azmy 11,40 persen, Zulkifli Muhadli 10,35 persen. Ahyar Abduh 5 persen, Mohan Roliskana 4,07 persen, Sunardi Ayub 3,14 persen, Suryadi Jaya Purnama 2,79 persen, dan Muhammad Syafrudin 2,33 persen.

Direktur Lentera Hati Foundation Dr. Muazar Habibi menjelaskan, jajak pendapat dilakukan pada enam bulan lalu dengan jumlah responden 860 orang yang diambil se-NTB.
“Ya kita menerjunkan tim survei dengan pertanyaan yang mengambarkan hasil jajak pendapat,” kata Muazar.

Pelaksanaan jajak pendapat dilakukan secara survei langsung dengan menerjunkan tim survei. Jejak pendapat yang dilakukan ini lebih kepada untuk melacak para tokoh-tokoh yang berpotensi maju dalam percaturan politik di Provinsi NTB nanti. Di mana ada pemilihan Gubernur NTB maupun pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di NTB. “Jajak pendapat ini untuk melacak tokoh-tokoh yang akan di proyeksi ke pentas percaturan politik 2024,” tegasnya.

Jejak pendapat dilakukan sejak September 2020 lalu dengan teknik random sampling sebanyak 860 sampel di seluruh NTB. “Namanya jajak pendapat, kita tidak melakukan survei, tetapi kita ingin melihat siapa yang diinginkan oleh masyarakat,” tegasnya.

Teknis yang digunakan dalam melakukan jajak pendapat, tim menyodorkan nama-nama kepada masyarakat. “Teknisnya kita kasih semua nama-nama tokoh itu, baik tokoh wanita maupun tokoh laki-laki di NTB, sehingga muncul nama calon tokoh perempuan,” tegasnya.

Adapun tokoh perempuan yang muncul di antaranya Wagub NTB Siti Rohmi Djalilah 24,77 persen, Putu Selly Andayani 12,21 persen, Baiq Diyah Ratu Ganefi 10,12 persen, Indah Dhamayanti Putri 14,30 persen, Sumiatun 12,56 persen, Nurul Adha 9,07 persen, Nurhidayah 7,91 persen dan Lale Prayatni 9,07 persen. (ami)