Jadi Tempat Curhat Para Napi

SELEBRITI Astri Ivo, salah satu selebriti yang meniti jalan dakwah. Sosok Astri sudah tak asing di dunia hiburan tanah air.

Pertengahan 1990-an, Astri mengalami sebuah momen yang membuatnya hijrah. Astri merasa dituntun Allah untuk datang ke pengajian untuk mempelajari Alqur'an. Sampailah Astri pada ayat yang mewajibkan perempuan menjulurkan jilbabnya, menutup aurat. ”Saya baru sadar bahwa itu wajib. Saya pikir selama ini cukup menjadi ’orang penting’. Maksudnya yang penting salat, puasa, zakat, udah cukup,” ucap Astri diiringi tawa kecil.

Sejak itu ibunda tiga putra itu memutuskan berhijab. Setelah mengenakan jilbab, Astri tidak meninggalkan dunia hiburan. Bagi dia, artis tidak berbeda dengan pekerjaan lain. Tawaran untuknya juga terus berdatangan.  ”Berjilbab tidak menghalangi kita dalam menjemput rezeki,” kata Astri yang film terbarunya, Surga Menanti, dirilis 2 Juni lalu.

Hikmah yang dirasakan setelah berhijrah, Astri mampu menjaga lisan, menjaga hati dan perasaan orang lain, serta menjadi orang yang bermanfaat.  Cerdas bukan hanya intelektual, tetapi juga spiritual. ”Kita di dunia hanya musafir. Tugas kita mengumpulkan bekal untuk hidup kelak di akhirat,” tutur Astri.

Seiring dengan berjalannya waktu, Astri kerap mendapatkan tawaran untuk mengisi seminar dan memberikan tausiah.Astri pernah mengisi pengajian dari Aceh sampai Ternate. Belum lama ini dia baru pulang dari Hongkong, berdakwah di kalangan buruh migran dengan membawakan materi persiapan Ramadan.

Sebelumnya, pada momen Hari Kartini, Astri mengisi tausiah di Rutan Pondok Bambu. Astri kerap menerima curhatan para napi. ”Mereka ragu apakah Allah masih menerima tobatnya, apakah masyarakat juga bisa menerima, terus nanti kerja apa setelah bebas,” paparnya. Astri pun menyemangati mereka. (lum/nor/dod/c9/sof)

BACA JUGA :  Resmi Tunangan