Jadi Sorotan, Sampah Labuhan Haji Dibersihkan

DIBERSIHKAN : Puluhan petugas dan pegawai DLHK Lombok Timur dikerahkan untuk membersihkan sampah di Pantai Labuhan Haji Jumat (22/1). (Ist for Radar Lombok)

SELONG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan bereaksi atas sorotan sampah di Pantai Labuhan Haji. Petugas kebersihan termasuk pegawai DLHK dikerahkan turun ke pantau untuk membersihkan sampah, Jumat (22/1).

Aksi bersih-bersih sampah dimulai dari pinggir pantai depan Kafe Meliwis menuju ke arah timur sampai jembatan dekat pantai.  Sampah yang telah  dikumpulkan kemudian diangkut dibawa ke TPA Ijobalit.” Setelah kita dapatkan informasi semua petugas kita kerahkan ke sana untuk fokus membersihkan sampah,” kata Kepala Dinas LHK Lombok Timur, Muhammad Haidar, kemarin.

Pembersihan sampah  hanya dilakukan di pinggir pantai dari  depan Kafe Meliwis sampai jembatan. Apa yang dilakukan dianggap paling tidak bisa mengurangi jumlah sampah yang sangat merusak keindahan pantai dan mengganggu kenyamanan pengunjung itu.” Jumlah sampah memang banyak. Setelah kita bersihkan tadi sudah banyak yang berkurang. Meski tidak semuanya. Paling tidak sudah kita lakukan ketimbang tidak sama sekali,” ungkapnya. 

Ia menambahkan, jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan sekitar satu truk dan langsung dibawa ke TPA Ijobalit. Berkaitan dengan penanganan sampah di Pantai Labuhan Haji, memang tidak ada jadwal rutin dinas. Meski begitu ia mengatakan sampah Pantai Labuhan Haji tetap jadi atensi. Pada waktu-waktu tertentu petugas akan tetap dikerahkan ke lokasi itu untuk membersihkan sampah. Termasuk juga ketika ada kegiatan sosial,  petugas juga ikut terlibat.(lie)