Jadi Bekal di Pantai dan Makam

Masyarakat Lombok secara umum mengenal tradisi Lebaran Topat, lebaran yang dilaksanakan pada setelah puasa syawal enam hari setelah Idul Fitri. Ciri utama lebaran ini adalah topat (ketupat_red). Warga membuat topat jadi bekal di pantai dan makam.

________________________

Hery Mahardika- Giri Menang

________________________

Lebaran Topat dikenal juga dengan Lebaran Nine (Nine artinya perempuan). Tradisi Lebaran Topat telah berlangsung secara turun temurun. Di Lombok Barat, Lebaran Topat diselenggarakan secara resmi oleh pemerintah daerah. Pantai-pantai penuh oleh pengunjung. Begitu juga makam-makam didatangi para peziarah.

Dulu Lebaran Topat hanya dilakukan oleh mereka yang berpuasa Syawal. Mereka menggelar zikir di masjid dengan suguhan dulang yang berisi topat. Perlahan tradisi ini mengalami pergeseran. Mereka yang tidak berpuasa juga merayakannya. Mereka tetap ikut naik ke masjid, datang ke kuburan, dan juga memenuhi pantai untuk berekreasi. Topat adalah jenis makanan yang melambangkan kearifan lokal.Warga yang malas membuat Topat bisa langsung membeli yang sudah jadi.” Lumayan harga cukup mahal pada saat menjelang lebaran, karena banyak masyarakat yang malas buat dan tidak bisa buat,”terang Nurhanis, salah satu pembuat Topat di Desa Tempos Kecamatan Gerung kemarin.

BACA JUGA :  Asyiknya Liburan di Pantai Teluk Sedayu Lombok Utara

Di Lombok Barat terdapat banyak makam keramat yang selalu ramai diziarahi pada hari Lebaran Topat. Sebut saja Makam Lembar di Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar, Makam Jeranjang di Dusun Jeranjang Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung, Makam Kuranji di Desa Kuranji Kecamatan Labuapi dan Makam Batulayar di Desa Batulayar Barat Kecamatan Batulayar. Disini warga menggelar zikiran. Ada juga yang menggelar tradisi ngurisan (tradisi potong rambut bagi bayi). Dulangnya tetap; berisi Topat.

Setelah ke makam, warga melanjutkannya dengan menyerbu kawasan pantai. Lombok Barat punya banyak pantai, dan saban tahun pada saat Lebaran Topat selalu penuh. Yang paling favorit tentu saja pantai di Kecamatan Batulayar. Meski begitu pantai-pantai di wilayah selatan juga penuh. Sebut saja Pantai Kuranji, Pantai Endok, Pantai Cemare hingga pantai-pantai yang ada di Kecamatan Sekotong.

Pemkab Lombok Barat menjadikan Lebaran Topat sebagai salah satu event pariwisata yang masuk kalender tahunan. Seperti tahun ini, event Lebaran Topat dipusatkan di Kecamatan Batulayar. Panitia telah menyiapkan gunungan Topat yang akan diperebutkan warga yang hadir. Semoga perayaan Lebaran Topat sukses dan lancar.(*)