Jabat Kepala Pelaksana BPBD NTB, Zainal Berkomitmen Tuntaskan RTG

Ir. Zainal Abidin (FAISAL HARIS/RADARLOMBOK.CO.ID)

MATARAM–Ir. Zainal Abidin dilantik sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Kamis (21/1/2021). Ia menggantikan I Gusti Bagus Sugihartha yang telah pensiun.

Zainal yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Administrasi Kerja Sama NTB ini diharapkan dapat mempercepat perbaikan dan pembangunan kembali rumah rusak akibat gempa 2018, yang hingga saat ini masih belum rampung 100 persen dalam bentuk bantuan rumah tahan gempa (RTG). Harapan itu disampaikan Sekda NTB Drs.H. Lalu Gita Ariyadi, M.Si saat pelantikan.

Zainal yang dikonfirmasi terkait hal tersebut mengaku siap melanjutkan pembangunan RTG. “Ya insyallah kita akan berjibaku bersama-sama untuk melakukan hal itu. Dan nanti juga apa yang sudah dikerjakan oleh Pak Sugihartha yang baik-baik kita akan lanjutkan, kita tingkatkan nanti,” ucapnya.

Zainal berharap, supaya dana yang sudah ada untuk penyelesaian pembangunan RTG dapat segera disalurkan. Dan beberapa persoalan yang ada di lapangan agar bisa diselesaikan pula. “Dananya kan sudah ada. Tinggal sekarang pelaksanaan di lapangan seperti apa. Karena ada beberapa hal yang menjadi kendala, sehingga itu yang ingin kita selesaikan,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, sebagai langkah awal menjalankan tugasnya, ia akan segera mempercepat pelaksanaan pembangunan RTG yang tersisa. Termasuk menyelesaikan polemik data calon penerima RTG di Lombok Utara. “Tinggal nanti kita klarifikasi saja soal data itu, jadi nanti dah kita selesaikan,” jelasnya.

Mengenai apakah ada penambahan fasilitator membantu kerja-kerja saat ini, ia mengaku belum ada. Adapun dengan waktu tersisa hingga April untuk menuntaskan RTG, Zainal belum bisa memastikan apakah bisa tuntas. Namun ia sangat berharap tuntas. (sal)