Izin Ritel Modern di Kota Mataram Terbit Mendadak

Izin Ritel Modern
IZIN : Salah satu toko Alfamart di jalan TGH Faisal yang baru sehari persiapan sudah terbit izin beroperasi. (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM – Sejumlah izin ritel modern telah terbit secara mendadak. Beberapa izin sudah diterbitkan Dinas Perdagangan Kota Mataram.

Seperti empat izin Minimart  dan Alfamart yang sudah berdiri dibeberapa lokasi di Kota Mataram. Izin mereka tiba-tiba terbit setelah satu hari kesiapan membuka toko.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, L Alwan Basri mengatakan, beberapa izin yang sudah terbit untuk ritel modern telah memenuhi syarat.  Sudah terbit empat Minimart, seperti di jalan Dr Wahidin, dekat rumah Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito, jalan Pancausaha dekat Aston Inn, Jalan AA Gede Ngurah dekat MGM, serta dekat lingkungan Abian Tubuh,’’ katanya, kepada Radar Lombok, Rabu kemarin, (4/4).

Sementara izin yang masih tertunda, seperti Indomaret di jalan Ade Irma Monjok dan Alfamart di jalan Brawijaya. Ada silang pendapat antara Satpol PP dan Dinas Perdagangan. Padahal baru beberapa hari beberapa ritel muncul telah terbit izin. Namun, tiba-tiba sudah terbit Izin Usaha Toko Swalayan/Modern (IUTS/M) dari Dinas Perdagangan.

Sebelumnya,  Satpol PP  telah  koordinasi dengan Dinas Perdagangan. Beberapa ritel modern dari Alfamart, Indomaret dan Minimart yang  sempat coba-coba buka. Padahal, sudah ada larangan beroperasi sebelum ada izin lengkap. Keberadaan dari ritel modern saat ini, membuat masyarakat resah dan pelaku usaha kecil terancam gulung tikar.

Terpisah, Anggota Komisi III DPRD Kota Mataram, Bidang Pengawasan  Pembangunan, Rangga Danu Mainang, meminta, Pemkot serius membatasai  ritel modern. Seperti visi awal Pemkot ada pembatasan 25  Alfamart dan 25 Indomaret. ‘’Kalau semuanya, bisa hadir di Kota Mataram, maka bisa menggagu perekonomian masyarakat kecil,’’ katanya.

Ia berharap, Pemkot memperhatikan pedagang kecil. Selama ini, kehadirian ritel belum memberikan dampak positif pada daerah, malah menjadi musibah bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil-kecilan. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut