IWAPI NTB Bertemu Dubes Turky, Jajaki Peluang Pasar Ekspor Produk NTB

IWAPI NTB
Dubes Indonesia untuk Turky Lalu Ikbal menerima kunjungan rombongan IWAPI NTB di Ankara Turky, Selasa (6/12).

ANKARA, TURKY – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) NTB menemui Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Negara Turki Lalu Muhammad Iqbal. Rombongan yang dipimpinan Ketua IWAPI NTB Hj Baiq Diah Ratu Ganefi bersilaturahmi ke pria kelahiran Lombok Tengah yang kini menduduki jabatan sebagai Dubes Turki Lalu Ikbal.

IWAPI NTB membidik peluang pasar Turky agar bisa produk-produk unggulan NTB, seperti tenun, produk pangan olahan, hingga kerajian bisa difasilitasi untuk dipasarkan di negara Pimpinan Erdogan tersebut.

Sebanyak 19 orang rombongan pengurus IWAPI NTB, di antaranya 15 pengurus dan anggota IWAPI NTB dan 4 orang pengurus IWAPI Lombok Timur bertemu langsung dengan Dubes Indonesia untuk Turky Lalu Ikbal di Ankara, Selasa (6/12).

Ketua DPD IWAPI NTB Hj Baiq Diah Ratu Ganefi mengatakan, potensi pasar ekspor produk-produk unggulan NTB di Turky sangat luar biasa. Turky sebagai negara maju, serta menerima banyak kunjungan turis dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga :  Puluhan Pengusaha Perempuan Bakal Tampilkan Produk UMKM Berkualitas di ITF 2022

“Kita ingin menjajaki peluang pasar produk NTB di Turky. Kita berharap bapak Dubes Turky bisa menjembatani pengusaha NTB dan Turky bermitra dalam banyak hal,” kata Baiq Diah.

Dalam pertemuan itu, lanjut Baiq Diah, pihaknya bersama Dubes Indonesia untuk Turky Lalu Ikbal juga mendiskusikan sejumlah peluang yang bisa dikerjasamakan. Seperti bagaiamna ada peluang usaha antar 2 negara. Sebab IWAPI NTB melihat begitu banyak orang Indonesia yang berlibur ke Turky. Misalnya, di restoran Indonesia, ada hotel dan sambal-sambalnya dan makanan kering lainnya produk NTB bisa masuk Turky dengan aturan yang mudah.

Begitu juga dengan peluang –peluang promosi, misalnya ada pameran-pameran yang memudahkan pengusaha untuk ikut partisipasi dengan cara Kedutaan menyediakan booth gratis. Karena pameran ke Luar Negeri itu biasanya pasti mahal. Kemudian, ada nantinya bisa memperjuangkan adanya misi budaya. Missal semalam di Mandalika NTB dengan menampilkan tarian-tarian dan kuliner- kuliner khas NTB.

Baca Juga :  Puluhan Pengusaha Perempuan Bakal Tampilkan Produk UMKM Berkualitas di ITF 2022

“Tentunya produk-produk yang nantinya bisa ditawarkan itu, produk sudah berkualitas sesuai standar pasar ekspor luar negeri.

Sementara itu, Dubes Indonesia untuk Turky Lalu Ikbal menyambut baik kedatangan rombongan IWAPI NTB. Begitu juga dengan kesiapan memfasiltiasi dan mempromosikan produk-produk khas NTB di Turky.

“Nantinya ketika ada peluang untuk kemitraan dengan pengusaha asal Turky, kami akan koordinasikan dengan pemerintah daerah dan juga pelaku usaha di NTB,” ucapnya. (luk)

 

 

Komentar Anda