Isvie Janji Tingkatkan Kinerja Dewan

MATARAM – Hj Baiq Isvie Rupaeda dilantik menjadi ketua DPRD NTB menggantikan Umar Said Jumat kemarin (15/7).

Isvie  berjanji akan totalitas menjadi Ketua DPRD NTB. Ia akan berupaya meningkatkan kinerja para wakil rakyat yang ada di gedung Udayana itu. Menurutnya, kinerja DPRD bisa diukur dari sejauh mana tugas-tugasnya dilaksanakan. Tugas pokok DPRD adalah pengawasan, penganggaran dan membuat peraturan (legislasi). “Semakin banyak Perda (Peraturan Daerah) inisiatif dihasilkan, maka semakin baik kinerja dewan,” ucapnya, Kamis kemarin (15/7).

Melahirkan perda merupakan tugas DPRD sebagai legislator, dewan juga harus melakukan pengawasan terhadap berbagai program Pemerintah Provinsi NTB. Pengawasan sangat penting untuk ditingkatkan, mitra yang baik bagi Isvie adalah mitra yang menunjukkan apabila ada kesalahan dan kekeliruan.

Selanjutnya tugas yang ketiga adalah dalam hal anggaran, DPRD NTB akan lebih mengutamakan kepentingan-kepentingan rakyat untuk didahulukan. Prinsip efektif dan efesien juga harus dihidupkan kembali. “Soal anggaran, ini uang rakyat yang harus digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat,” kata Isvie.

Salah satu poin utama yang juga akan diperjuangkan Isvie adalah hak-hak dan kesejahteraan kaum perempuan. Dirinya selaku perempuan pertama yang menjadi ketua DPRD menghimbau kepada seluruh perempuan NTB untuk bisa tampil dan memberikan prestasi.

Menurut Isvie, hak-hak perempuan sampai saat ini masih belum terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, kedepan hal terebut harus dijadikan perhatian. “Untuk masalah ini, saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman dewan yang mau menerima perempuan sebagai Ketua DPRD,” ucapnya.

Dalam waktu dekat, Isvie juga ingin segera bisa bekerja dengan baik. Mengingat, masih banyak pekerjaan yang harus dituntaskan seperti Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). “Itu salah satu prioritas saya juga, kan banyak Raperda yang mandek,” kata mantan Ketua Bapemperda DPRD NTB ini.

Satu hal yang menjadi titik tekannya dalam menggantikan Umar Said. Berbagai kegiatan dan program yang baik dari kepemimpinan Umar akan dilanjutkan oleh Isvie Rupaeda. Sebaliknya, hal-hal yang masih kurang akan diupayakan untuk dibenahi.

Ketua Fraksi Gerindra, Daeng Hamja berharap banyak pada Ketua DPRD yang baru. Hal itu dikarenakan selama ini banyak kendala yang dihadapi oleh anggota DPRD dalam menjalankan tugasnya. “Misalnya soal kesulitan kita dalam pencairan dana aspirasi, ini juga seharusnya menjadi PR ketua DPRD. Kan bisa ketua DPRD komunikasi dengan Gubernur agar jajarannya tidak mempersulit pencairan,” harap Hamja.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Rosiady Sayuti berharap pergantian Ketua DPRD NTB semakin mempererat dan meningkatkan kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif. Meskipun selama ini Ketua DPRD lama H Umar Said sudah cukup baik, ia berharap ketua baru bisa lebih baik lagi dan memberikan harapan baru.

Ketua DPRD baru yang seorang wanita, lanjut Rosiady, tentunya akan lebih sensitif dalam melaksanakan tugas. Oleh karena itu ia yakin, berbagai persoalan yang kerap terjadi seperti lambannya pembahasan tentang anggaran tidak akan terjadi lagi karena komunikasi tentunya bisa lebik efektif . “Sekarang ketua DPRD kan wanita, perasaannya lebih sensitif dan tentu komunikasi juga bisa lebih produktif,” ujar Rosiady tersenyum.(zwr)

BACA JUGA :  Umar Said Kehilangan Dukungan