Isu Penculikan Anak Hoax

AKBP Kholilur Rochman (SAPARUDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Merbaknya isu penculikan anak di sejumlah media massa mendapatkan respon dari Kapolres Lombok Tengah, AKPBD Kholilur Rochman.

Dia menegaskan, masyarakat sebaiknya tidak mudah percaya dengan isu hoax (tidak benar) seperti itu. Kapolri sendiri telah mengumumkan kalau isu penculikan anak, itu isu hoax yang tidak bisa dipercaya. Karena dari sekian isu tersebut, ternyata sampai saat ini motifnya bukan penculikan anak dan tidak pernah ada yang ditemukan. ‘’Termasuklah di Lombok Tengah karena sejauh ini kita belum menerima laporan adanya penculikan anak,’’ ungkapnya, kemarin (24/3).

[postingan number=3 tag=”loteng”]

Akan tetapi, sambung dia, perlu diingatkan bahwa informasi itu hoax, bukan berarti harus dilalaikan. Setiap orang atau masyarakat siapapun harus tetap berhati hati. Karena kejahatan itu setiap saat selalui mengintai dan harus tetap diwaspadai, terutama orang tua yang memiliki anak kecil. “Jadi kendati informasi itu hoax, namun tetap saya sarankan selalu waspada karena kejahatan itu bisa datang kapanpun tak kenal waktu,” imbuhnya.

Dikatakan, penggelindingan isu hoax di tengah kemajuan zaman dilakukan oleh sekelompok orang tertentu yang tidak menginginkan rasa kedamaian di tengah masyarakat. Sejauh ini aparat kepolisian sedang diperintahkan melacak dan mengejar motif dari penyebaran isu ini, termasuk mencari siapa pelakunya. “Jadi kapolri sendiri sudah memerintahkan semua jajarannya untuk mencari orang yang menyebarkan isu penculikan ini, biar kita ketahui apa yang menjadi motif menyebarkan isu tersebut,” akunya.

Di NTB sendiri lanjutnya, sesuai mandat kapolda, masing-masing daerah untuk intens melakukan patroli dan mengejar informasi. Sedangkan di polda sendiri memiliki patroli cyber yang terus intensif melacak informasi hoax tersebut. “Kapolda sendiri sudah memerintahkan agar masing-masing daerah tetap siaga dan memberdayakan patroli,” pungkasnya. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid