Isu Pemangkasan Anggaran Pendidikan Disayangkan

MATARAM—Belakangan ini pemeritah pusat memnagkas sejumlah anggaran melalui Dana Alokasi Umum (DAU) yang digelontorkan ke sejumlah daerah. Di dalam DAU itu termasuk ada jatah anggaran untuk pendidikan.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Mataram, I Gusti Bagus Ari mengatakan, dirinya sangat prihatin terkait wacana yang dicetuskan oleh Kemenkeu RI. Dimana dalam waktu dekat ini semua anggaran akan dipangkas, baik DAU dan Danan Alokasi Khusus (DAK).

“Di dalam ini ada ratusan juta dana pendidikan. Jika dipangkas, konsekuensinya jatah untuk dana pendidikan juga berkurang,” ungkap Senin (29/8).

Andai benar akan terjadi pemangkasan, jelsnya, beberapa program yang ada di sekolah, terutama yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan juga akan tertunda. “Kita sangat sayangkan kebijakan baru ini," terangnya.

Sejauh ini menurut Gusti, pendidikan di Kota Mataram masih butuh penyegaran. Baik dari segi program dan peningkatan mutu sekolah. Pemangkasan disbeutnya sangat berdampak bagi pendidikan di setiap daerah.

Padahal, sambungnya, salah satu indikator untuk mengetahui maju atau tidaknya SDM setiap daerah adalah dengan kemajuan pendidikan itu sendiri. Namun jika kondisinya anggaran semerawut, semua kegiatan sekolah yang memiliki kaitan dengan materi akan terganggu.

Belum lagi sambungnya, para orangtua siswa yang sebagian besar dari kalangan tidak mampu. Yang semestinya anggaran tersebut membantu kekurangan para wali siswa justru tidka bisa terealisasi.(cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid