Islamic Center, Ikon Wisata Halal NTB

islamic center
MASJID HUBBUL WATHAN: Tampak dari samping bangunan megah Masjid Hubbul Wathan di kompleks Islamic Center NTB. (SIGIT SETYO/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) selain dikenal memiliki panorama alamnya yang indah, Pulau Lombok, satu diantara dua pulau besar di NTB juga populer dengan sebutan “Pulau Seribu Masjid”.

Julukan itu rasanya tak berlebihan kalau melihat fakta yang ada. Menurut penelitian Taufan Hidjaz, yang kemudian dibukukan dengan judul “Lombok, Negeri Beribu Mesjid”, dari 518 desa yang ada di Pulau Lombok, terdapat sekitar 9000-an masjid.

Satu diantara masjid-masjid yang ada di Lombok, terindah, terbesar dan termegah, dengan menaranya yang menjulang tinggi ke angkasa hingga 114 meter, adalah Masjid Hubbul Wathan di kompleks Islamic Center NTB, yang selama sebulan ini menjadi lokasi pelaksanaan even Pesona Khazanah Ramadhan (PKR) 2018.

“Disamping sebagai tempat ibadah, Islamic Center NTB juga telah ditetapkan sebagai destinasi wisata religi oleh Pemerintah Daerah,” kata M. Zakiy Mubarok, Sekretaris Umum Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) NTB, Senin (21/5) kemarin.