Irjen Nana Menitikkan Air Mata

Irjen Nana Menitikkan Air Mata
DILPEAS: Jajaran Polda NTB melakukan farewell parade melepas Irjenpol Nana Sudjana, Kapolda NTB sebelumnya.( DERY HARJAN/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Suasana haru menyelimuti pelepasan kepergian Irjenpol Nana Sudjana oleh mantan anak buahnya. Air mata menetes dari dua mata jenderal bintang dua itu begitu menyampaikan pidato terakhirnya sebelum meninggalkan NTB.

Begitu juga saat berjalan di tengah-tengah ratusan mantan anak buahnya menuju mobil yang telah menunggunya. Lagu “Kau Selalu di Hatiku” diputar sepanjang jalan yang dilaluinya. Tampak pula anggota TNI, Pol PP, Basarnas rurut berbaris melepas kepergian Nana Sudjana. Bunga pun ditaburkan ke arahnya.

Saat hendak masuk ke dalam kendaraannya, Nana Sudjana berbalik dan memberi hormat kepada bekas para pembantunya itu. Saat itulah air mata terlihat menetes. “Ini kampung saya. Selama beberapa hari di Jakarta saya merasa ya begitu saja. Saya diterima baik oleh masyarakat. Hubungan kekeluargaan dengan tokoh-tokoh agama, masyarakat, juga dengan para pejabat di sini. Jadi itu yang membuat saya terharu,” ungkapnya.

Sejak awal mulanya berdinas di NTB pada April lalu, Nana mengaku banyak permasalahan yang terjadi di wilayah hukum Polda NTB. Terutama terkait keamanan. Namun berkat kekompakan antara Polri, TNI, Pemda, dan masyarakat segala permasalahan tersebut dapat diatasi. “Alhamdulillah terkait keamanan, secara umum di NTB ini tidak ada permasalahan yang menonjol. Solidaritas TNI, Polri, Pemda dan Institusi terkait mampu mengelola terkait keamanan di NTB ini. Jadi salah orang menyampaikan bahwa di NTB ini tidak aman,” tegasnya.

Nana memprediksi, kedepannya NTB akan menjadi daerah sangat maju terutama dari segi pariwisatanya. Keindahan alam NTB sudah diakui oleh dunia. Tak heran jika banyak investor yang berlomba-lomba menanamkan modalnya di NTB.  “Hal ini yang nanti perlu kita kawal terutama dari segi keamanan. Jika daerah aman pembangunan pasti berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Dari catatannya selama berdinas di NTB, Nana mengaku kesadaran masyarakat NTB untuk taat hukum sudah meningkat. Hal ini perlu dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan. ‘’Alhamdulillah selama saya di sini, kondusivitas cukup terjaga,” tutupnya. (der)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid