Iqbal Kritik Beasiswa, Dr Zul: Beliau Belum Paham Saja

Lalu Muhammad Iqbal (DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Bakal calon Gubernur NTB, Lalu Muhammad Iqbal melontarkan kritik terkait program beasiswa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB di era kepemimpinan Zulkieflimansyah – Sitti Rohmi Djallilah.

Dia mengatakan tidak akan melanjutkan program Beasiswa Pemprov NTB Gemilang itu, jika dirinya menang dalam kontestasi Pilkada Gubernur NTB 2024. Pasalnya, program beasiswa tersebut, dinilai melanggar kewenangan. Pemprov NTB menurutnya tidak berkewajiban menangani pendidikan sarjana maupun pascasarjana.

Disampaikan, program beasiswa yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) itu seharusnya diperuntukan untuk SMA/SMK sederajat. “Karena beasiswa menggunakan APBD itu melanggar kewenangan pemerintah provinsi. Kalau ada kewenangan yang dilanggar, pasti ada program yang dilanggar,” ucap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI tersebut, kemarin.

Iqbal menilai penggunaan APBD untuk beasiswa perkuliahan itu dapat mengorbankan nasib SMA dan SMK yang menjadi tanggung jawab dan kewenangan pemerintah provinsi. Ia lantas menyinggung banyak sekolah di NTB yang tertinggal dari daerah lain.

Baca Juga :  Penyelenggara MXGP Mulai Cemas Penolakan Pemkot Mataram

Ketika anggaran (SMA/SMK tidak ada, sementara alokasi untuk tingkat mahasiswa itu kemudian diadakan. Maka dipastikan ada yang jadi korban adalah yang seharusnya menjadi penerima kewenangan tersebut (SMA/SMK).

“Pasti ada yang harus dikorbankan menjadi penerima kewenangan,” ungkap mantan Duta Besar Indonesia untuk Turki tersebut.

Iqbal juga berjanji, jika dirinya terpilih sebagai Gubernur NTB, maka dia akan menyiapkan beasiswa dengan konsep yang berbeda jika terpilih. Ia mengungkapkan saat ini ada banyak lembaga pemberi beasiswa, dan beasiswa perkuliahan pun relatif sangat mudah diakses. “Kita akan siapkan beasiswa dengan konsep yang berbeda,” imbuhnya.

Sementara itu, menanggapi kritikan dari Bacagub Lalu Muhammad Iqbal, terkait beasiswa Pemprov NTB Gemilang Era Zul-Rohmi tersebut. Mantan Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah justru menilai Lalu Muhammad Iqbal kurang memahami terkait beasiswa Pemprov NTB Gemilang yang digagas dirinya di era kepemimpinan Zul-Rohmi tersebut.

Baca Juga :  Ombudsman Buka Posko Pengaduan Seleksi CPNS

“Beliau (Iqbal, red) belum paham saja. Jadi gubernur itu bukan hanya mengurus SMA dan SMK saja, tapi sebagai wakil pemerintah pusat di provinsi, Gubernur itu mengurus semuanya,” kata politisi PKS tersebut.

Dr Zul mengatakan, pemerintah provinsi juga harus menangani pendidikan warganya, termasuk pendidikan tingkat tinggi. Pemerintah provinsi tetap berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait penanganan pendidikan tinggi. “Terkait beasiswa perkuliahan itu, kita tetap koordinasi dengan pusat,” tandasnya.

Seperti diketahui, Beasiswa NTB Gemilang merupakan salah satu program unggulan Pemprov NTB di era kepemimpinan Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalillah (Zul-Rohmi). Melalui beasiswa tersebut, Pemprov NTB mengirim putra-putri terbaik untuk melanjutkan kuliah S1 hingga S3 ke luar negeri maupun ke kampus di dalam negeri. (yan)

Komentar Anda