Investor Qatar Siap Kembangkan KEK Mandalika

Investor Qatar Siap Kembangkan KEK Mandalika
INVESTASI : KEK Mandalika akan dikembangkan juga oleh investor asal Qatar dengan nilai triliunan ruoiah pada lahan 200 hektar. (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok terus digenjot. Berbagai upaya dilakukan untuk bisa menyaingi Nusa Dua Bali, yang terlebih dahulu mendunia. Terbaru, telah ada kesepakatan dengan Qatar Investment Authority untuk mengembangkan KEK Mandalika. “Sudah ada kesepakatan, kita juga sudah siapkan 200 hektar untuk investor Qatar ini,” ungkap Komisaris Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Lalu Gita Aryadi kepada Radar Lombok, Jum’at (3/8).

Pemerintah telah menandatangani kerja sama investasi dengan Qatar senilai 500 juta dolar Amerika. Apabila dirupiahkan setara dengan Rp 7,2 triliun dengan mengacu kurs Rp 14.400. Pada kerja sama tahap awal ini, Qatar akan membangun hotel bintang lima di KEK Mandalika. “Ini kan hasil dari komunikasi sejak lama. Ini tindak lanjut pidato presiden tahun lalu. Dijemput ke Qatar. Udah berkali-kali bolak balik, baru bisa tanda tangan kerja sama,” ucapnya.

BACA JUGA: Resmi Dibuka, Pengunjung Kuta Beach Park The Mandalika Mencapai 48 Ribu

Ditegaskan, investor kali ini dipastikan sangat serius. Bahkan, pihak Qatar yang menantang agar bisa segera dimulai pembangunan. Persoalannya, banyak hal yang perlu diurus. Terutama dalam hal penyelesaian berbagai syarat-syarat administrasi. “Mereka sangat serius. Lokasi mereka tidak di wilayah barat. Lebih di lokasi lux,” terang Kepala Dinas Penanaman Modal Pemerintah Provinsi NTB ini.

Catatan Gita, dalam pembangunan apapun di KEK Mandalika, harus menunjukkan rasa lokal. “Sesuai direktif presiden, harus ada menunjukkan rasa lokal. Artinya dalam hal arsitektur, ada ciri-ciri nuansa lokal,” katanya.

Tandatangan telah dilakukan di Jakarta. Lokasi lahan sudah disiapkan. Tinggal saat ini pembicaraan teknis saja. Mengingat, lahan juga telah ada disiapkan. “Kalau bulan depan soal teknis selesai, ya bulan depan bisa dimulai pembangunannya,” ucap Gita.

Investasi dari Qatar ini, dipastikan serius dan akan terealisasi. Sama juga dengan investasi pembangunan sirkuit Moto GP di KEK Mandalika yang nilai investasinya juga fantastis. Menurut Gita, ITDC bersama investor asal Prancis, Vinci Construction Grand Projects (VCGP) akan segera mulai membangun. “Sedang bicarakan tekhnis di lapangan. Selesaikan urusan administrasi dulu, karena urusan besar. Baru kita ground breaking,” ujarnya.

BACA JUGA:Menko Maritim Tinjau Progress Pembangunan KEK Mandalika

Untuk membangun sirkuit MotoGP membutuhkan lahan sekitar 120 hektar. Direncanakan akan mampu menampung 150 ribu penonton. Berbagai fasilitas pendukung juga dipastikan dibangun nantinya. Sirkuit ini akan dibangun dengan standar FIM and FIA untuk kelayakan penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor. “Kita optimis sirkuit terbangun. Uangnya juga sudah ada,” tutup Gita. (zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut