Inovasi Teknologi, HM Djamaluddin Minta Mahasiswa Kembangkan Potensi

Unham
Mahasiswa FT Unham memamerkan hasil penemuan mereka.

SELONG  – Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Hamzanwadi (Unham) pamerkan teknologi inovasi karyanya, baik karya individu maupun kelompok yang selama ini mereka kerjakan. Setelah berbulan-bulan belajar dan melakukan eksperimen di lokasi penempatan Program Kompetsi Kampus Merdeka (PKKM), hari ini mereka pamerkan karyanya.

Dekan Fakultas Teknik Unham HM Djamaluddin mengatakan berbagai karya di pamerkan, mulai dari karya hasil individu dan kelompok di antaranya website informasi desa sampai karya inovasi berbasis Internet of things (IoT).

BACA JUGA :  Kemendikbudristek Sebut Pelaksanaan PKKM Unham Baik

“IoT merupakan penemuan terbaru yang saat dikembangkan karena memiliki kelebihan dari segi fungsi dan mendukung kinerja tanpa menggunakan bantuan kabel dan berbasis wireless yang saat ini banyak dikembangkan,” kata DJamaluddin, Sabtu (4/12).

Ia berharap fakultas teknik ini terus melakukan inovasi dan pemberdayaan semua potensi mahasiswa, sehingga kedepannya mahasiswa mampu menghasilkan karya yang lebih baik dan bermanfaat.

Sementara itu, Koordinator Program Studi Teknik Informatika Aris Sudianto mengatakan, melalui pameran ini dapat diharapkan meningkatkan reputasi program studi teknik informatika yang lebih kompetitif. 

BACA JUGA :  Mahasiswa Farmasi Unham Sukses Membuat 5 Produk Kecantikan

“Kami berharap kompetensi mahasiswa ini terus dikembangkan. Semoga semua ini menjadi motifasi bagi mahasiswa yang lain untuk berkarya,” harapnya.

Lebih lanjut dipaparkan, karya mahasiswa telah diuji oleh dosen pengampu matakuliah yang akan dikonversi menjadi nilai mahasiswa dengan fokus penilaian yang mengedepankan tech entrepreneur. 

Melalui tech entrepreneur itu, mahasiswa diharapkan tidak sekedar mampu menghasilkan produk, namun mampu mengelola produknya untuk manjadi bisnis yang berguna dan menghasilkan profit bagi mahasiswa. (luk)