Inovasi PANDAWA, Akses BPJS Kesehatan Bisa Lewat WA

PANDAWA berbasis WA memudahkan untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan

SELONG–Kesehatan adalah sesuatu yang paling berharga dan patut disyukuri, apalagi di tengah pandemi covid-19 yang melanda dunia. Serbuan pandemi tak ayal mengubah kebiasaan sebagian orang yang dahulu melakukan aktivitas bekerja dengan tatap muka sekarang aktivitas dilakukan secara online.

Inovasi pun dilakukan oleh seluruh pihak agar tetap dapat melakukan aktivitas walaupun tanpa tatap muka. Begitu juga dengan BPJS Kesehatan yang terus berinovasi memberikan kemudahan bagi Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS), salah satunya dengan menghadirkan kemudahan layanan administrasi tanpa tatap muka. Pada Tahun 2020 BPJS Kesehatan meluncurkan Pelayanan Administrasi Melalui Whats App (Pandawa).

Seperti halnya BPJS Kesehatan Cabang Selong, kemudahan dalam mengakses layanan PANDAWA dapat diakses melalui nomor whatsapp di nomor 085991785002 khusus untuk masyarakat di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Tengah.

Adapun layanan yang bisa diakses melalui fitur dalam PANDAWA adalah pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, registrasi ulang, pengaktifan Virtual Account (VA) kadaluarsa, pindah jenis kepesertaan dari PBI/PPU nonaktif menjadi peserta PBPU/Mandiri dan mengubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bisa diakses pada jam kerja yaitu pada hari Senin sampai dengan hari Jumat.

Kemudahan dalam mengakses layanan PANDAWA dirasakan salah satu warga Kabupaten Lombok Tengah Suciani yang kini sedang mengandung bayi pertamanya. Suciani yang kala itu sedang mengandung merasa takut dan cemas jika harus berpergian di tengah pandemi covid–19 yang masih melanda.

“Layanan PANDAWA ini sangat bermanfaat terutama untuk saya yang ingin mengakses layanan dari BPJS kesehatan untuk mengetahui informasi pengalihan segmen kepesertaan JKN-KIS,” ujarnya.

Lebih lanjut Suciani menyampaikan bahwa penjelasan dari PANDAWA sudah sangat jelas dan menjawab kebutuhannya.

“Penjelasan yang diberikan membuat saya paham. Terima kasih kepada admin layanan Pandawa karena sangat membantu terutama bagi ibu hamil seperti saya yang sangat takut untuk keluar rumah di masa pandemi ini,” ujar Suciani. (dh/ay)

Artikel asli dimuat di https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/tmn/27162//pandawa-bantu-suciani-akses-layanan-jkn-kis