Inilah Pemenang Lomba Karya Tulis JMSI NTB Tingkat Mahasiswa

Dewan juri rapat membahas dan menetapkan pemenang lomba karya tulis tingkat mahasiswa yang digelar Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB dalam rangka menyemarakkan HUT ke-64 Provinsi NTB.

MATARAM – Dewan juri lomba karya tulis tingkat mahasiswa yang digelar Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB dalam rangka menyemarakkan HUT ke-64 Provinsi NTB tuntas melakukan penilaian.

Dari puluhan karya tulis yang masuk dan setelah melakukan penilaian, dewan juri menetapkan enam orang pemenang. Keenamnya masing-masing juara satu, dua dan tiga serta harapan satu, dua dan tiga. Juara satu diraih Syamsul Sahadi dari Universitas Mataram (Unram) dengan judul karya tulis; Cocodress: Inovasi Pemanfaatan Limbah Serabut Kelapa (Coconut Fiber) Sebagai Pewarna Alami Kain Mandalika Guna Mendukung Industri Kreatif NTB.

Juara dua diraih oleh Sholihati Jannata H dari Unram dengan judul karya tulis ; MIRAT EGO (Miniatur Rumah Adat Eceng Gondok) Pemanfaatan Limbah Eceng Gondok Sebagai Upaya Melestarikan Adat dan Menjaga Ketahanan Ekonomi Masyarakat di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Juara tiga diraih M Alfan Rezeki Ramadhan dari Unram dengan judul karya tulis; Wisteba.Id: Aplikasi Ngiring Simpang Ke Tetebatu Sebagai Digital Marketing Upaya Optimalisasi Halal Turism Branding Guna Revitalisasi Ekonomi NTB.

Juara harapan satu diraih Muhammad Jaelani dari Unram dengan judul karya tulis; Say-Pintar: Ekonomi Bisnis Pemasaran Sayur Berbasis Android Syariah Guna Meningkatkan Pendapatan UMKM Petani Sayur di Sembalun Lombok Timur. Juara harapan dua diraih Nur Aulia Bazighah J dengan judul karya tulis ; Desa Wisata Tetebatu : Konsep Pariwisata Berkelanjutan dan Pemberdayaan Masyarakat. Juara harapan tiga diraih Hati Rahmayani dari Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram dengan judul karya tulis ; UMKM TERNAK GO: Sebagai Strategi Sinergi Koordinasi dan Digitalisasi Dalam Rangka Penguatan Sektor UMKM Peternakan Demi Mengakselerasi Ketahanan Ekonomi Di NTB Pasca Pandemi.

Baca Juga :  Heterarki Masyarakat Muslim Bima dan Indonesia

Sekretaris Dewan Juri, H Rudi Hidayat mengatakan, lomba karya tulis tingkat mahasiswa yang digelar Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB dalam rangka menyemarakkan HUT ke-64 Provinsi NTB disambut antusias mahasiswa di NTB. Ini terlihat dari banyaknya peserta dan berasal dari berbagai perguruan tinggi di NTB baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. ”Kami mengapresiasi antusiasme para peserta,” katanya.

Dari puluhan karya tulis yang masuk ke panitia itu, dewan juri telah melakukan penilaian secara cermat dan mendalam sebelum menetapkan pemenangnya. Ada tiga kriteria penilaian dewan juri. Pertama, kreativitas dan inovasi meliputi relevansi topik dan tema, kreativitas gagasan, keaslian serta aktual dan inovasi pengembangan. Kedua, data dan sumber informasi meliputi kesesuaian sumber informasi, akurasi dan integritas data informasi, akurasi dan integritas data informasi serta orisinilitas data. Ketiga yakni pembahasan meliputi kelayakan hasil implementasi gagasan dan kemanfaatan gagasan.

Menurut Rudi, ada keunggulan dan kekurangan dari materi karya tulis yang dikirimkan para peserta. Namun secara umum karya tulis yang dikirimkan peserta cukup baik. Ada inovasi-inovasi yang ditawarkan peserta, bahkan ada yang sudah terjun langsung mempraktekkan di lapangan.” Jadi setelah melakukan penilaian dan rapat, tim juri telah menetapkan pemenang yang memiliki karya tulis yang terbaik dari peserta yang ada,” jelasnya.

Baca Juga :  Guru MAN 1 Lotim Juara Favorit KGP Kemenag RI

Lomba karya tulis tingkat mahasiswa dalam rangka menyemarakkan HUT ke-64 Provinsi NTB ini, salah satu dari sejumlah program yang digelar pengurus daerah JMSI NTB. Selain lomba karya tulis untuk mahasiswa, ada juga lomba baca puisi tingkat pelajar. Lalu JMSI NTB juga menggelar Jambore Jurnalistik JMSI NTB 2022 dengan tema ” Promosi Pariwisata dan Perspektif Ilmu Jurnalistik” di Joben Ever Green, Lombok Timur tanggal 12 dan 13 November 2022. Selanjutnya, JMSI NTB Goes to School yakni pelatihan jurnalistik pelajar SMA dan SMK se- NTB di Kantor Dinas Dikbud NTB tanggal 14 November 2022.

Lalu pada tanggal 17 November sampai 25 November 2022 dilakukan press trip ke Banyuwangi dan Malang. Anggota JMSI NTB melakukan audensi dengan Pemkab Banyuwangi dalam pengelolaan pariwisata dan mal pelayanan publik. Selanjutnya di Malang, anggota JMSI NTB ikut serta dan menyemarakkan Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas). Pada tanggal 5 Desember 2022 digelar Workshop Jurnalistik JMSI NTB dengan tema ”Wartawan Profesional di Era Digital” dengan narasumber salah satunya Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya. Workshop ini dibuka oleh Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah.(rl)

Komentar Anda