Ini Sosok-Sosok Penempa di Balik Kesuksesan Lalu Muhammad Zohri

Eni yang Gigih, Komang yang Cekatan, dan Made yang Disiplin

Lalu Muhammad Zohri
JUARA: Juara Dunia Atletik U-20 Lalu Muhammad Zohri (tengah) bersama pelatihnya Komang Budagama (kiri) dan Made Budiasa (kanan) berpose bersama dalam event Kejurnas antara PPLP di Papua bulan November 2017. (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

Moncernya nama Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 Lalu Muhammad Zohri, bikin dunia geger. Namun, di balik kesuksesan sang juara lari dunia fenomenal itu tak bisa dipisahkan dari sosok  Komang Buagama dan Made Budiasa. Kedua orang inilah yang telah mencetak Lalu Muhammad Zohri menjadi pelari andal selama ini.


*ABDI ZAELANI – MATARAM*


SOSOK Komang Budagama tak bisa dipisahkan dari keberhasilan Lalu Muhammad Zohri menjadi juara dunia. Sosok itu telah menggembleng Zohri sejak tiga tahun belakangan ini. Tepatnya ketika Zohri mulai masuk Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) NTB tahun 2016 silam.

Sejak itulah Zohri harus hidup berdisiplin dan berlatih di bawah instruksi Komang Budagama dan asistennya Made Budiasa. Setiap perintahnya harus dijalani untuk kesuksesan si Badok, julukan untuk Lalu Muhammad Zohri. Kerasnya disiplin yang ditularkan Komang dan Made ternyata membuahkan hasil. Sejak itu, Zohri selalu berhasil merengkuh medali ke pelukannya.

Nyaris setiap event, Zohri selalu sukses mengalungkan medali ke lehernya. Terutama pada sejumlah event Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas). Seperti Popnas 2017 Semarang dan Kejurnas antara PPLP di Papua. Prestasinya selalu signifikan sehingga kemudian dipanggil masuk skuad Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk persiapan Asian Games oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

BACA JUGA: Juara Dunia Lari 100 Meter Putra, Zohri Banggakan Indonesia

Prestasi Zohri sendiri sudah terlihat sejak belum masuk PPLP NTB. Yakni, Kejuaraan Daerah (Kejurda) tahun 2015 di nomor 100 meter. Catatan prestasinya 11.20 detik. Kemudian di nomor 200 meter dengan catatan prestasi 22.53 detik. Baru kemudian dilirik masuk skuad PPLP NTB pada Juni 2016.

1
2
3
4
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid