Ini Penyebab Suhu Terasa Lebih Dingin di NTB Beberapa Hari Terakhir

Mantan Admiral Aokiji (Karakter Anime One Piece). (IST IG @kuzanaokiji_official)

MATARAM–Bagi warga NTB, khususnya yang tinggal di Lombok, pastinya merasa suhu cukup dingin beberapa hari terakhir.

AC atau kipas angin yang biasanya selalu ON, kadang dimatikan karena sudah terlalu dingin saat malam hari.

Lantas apa penyebab suhu cukup dingin ini? Aprilia Mustika Dewi, S.Tr, Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi ZAM menjelaskan, saat ini sebagian besar wilayah NTB telah memasuki musim kemarau.

“Ketika musim kemarau telah tiba suhu akan terasa lebih dingin dari biasanya karena dipengaruhi oleh angin monsoon Australia yang membawa massa udara kering dan bersifat dingin, angin tersebut bergerak dari Australia menuju Asia melewati Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat,” jelasnya.

Baca Juga :  NTB Terasa Lebih Dingin, Suhu Mencapai 21,4 Derajat Celcius, Ini Penyebabnya

Kemudian tambahnya, saat musim kemarau, kelembaban udara relatif rendah, serta tutupan awan yang sedikit akan memengaruhi suhu saat malam hingga menjelang pagi.

“Saat siang hari matahari akan terasa terik dan menyengat karena sedikitnya tutupan awan, pada saat itu gelombang pendek yang terpancar dari matahari akan terserap sempurna oleh permukaan bumi, kemudian saat malam hari yang cerah dan tidak terdapat tutupan awan gelombang panjang akan terpancarkan seluruhnya ke angkasa tanpa adanya pantulan kembali oleh awan sehingga suhu akan terasa dingin dari biasanya,” tutupnya.

Baca Juga :  NTB Terasa Lebih Dingin, Suhu Mencapai 21,4 Derajat Celcius, Ini Penyebabnya

Jadi sudah jelas ya, apa penyebab suhu dingin di NTB beberapa hari terakhir. Yang pastinya bukan karena kekuatan es mantan Admiral Aokiji. (RL)