Ini Pemicu Cuaca Terasa Lebih Panas di NTB

Ilustrasi terik matahari. (ISTIMEWA/NET)

MATARAM–Beberapa minggu terakhir pada Oktober 2021 ini, panas matahari begitu terasa di NTB. Akibatnya masyarakat merasa cepat gerah dengan kenaikan suhu itu. Terlebih pada siang hari. Lantas, apa penyebabnya?

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Zainudin Abdul Majid (ZAM) I Gusti Agung Angga menerangkan, memang berdasarkan pengamatan, suhu udara maksimum beberapa hari terakhir mengalami peningkatan.

BACA JUGA :  Hilal Tak Terlihat di Pantai Loang Baloq Mataram

Adapun peningkatan suhu ini merupakan akibat dari pengaruh pergerakan semu matahari yang biasa terjadi berulang setiap tahun.

Gerak semu matahari. (IST/BMKG)

“Konsep dasarnya seperti gambar di atas. Warna kuning merupakan matahari dan warna merah merupakan jalur gerak semu matahari. Lokasi kordinat NTB berada pada posisi 8° 10′ – 9 ° 5′ LS. Jadi pada saat bulan Oktober, posisi gerak semu matahari tepat berada di atas Pulau NTB,” jelasnya, Kamis (21/10/2021).

BACA JUGA :  Ada Peningkatan Hujan 10 Hari di NTB, BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem!

Akibat gerak semu ini maka, menyebabkan penyinaran matahari secara langsung ke permukaan lebih optimal, khususnya di NTB yang Oktober ini di atasnya ada gerak semua matahari. (RL)