Ini Manfaat Penting Rutin Minum Air Hangat Setiap Pagi

Ilustrasi minum air hangat pada pagi hari (istimewa)

DENGAN beragam pilihan minuman, air hangat mungkin merupakan pilihan paling sederhana. Namun, apakah bermanfaat untuk kesehatan? Tentu saja. Berikut ini beberapa penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co yang dikutip dari JPNN.com

1. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Setelah minum air hangat pagi hari, tubuh akan mengalami peningkatan aktivitas metabolik. Peningkatan aktivitas metabolik ini mampu membakar kalori lebih banyak. Baca Juga: Waduh, Ini Lho 5 Bahaya Minum Air Lemon Hangat Setiap Hari Sehingga metabolisme pada tubuh bisa ditingkatkan.

2. Membuang Racun Pada Tubuh

Kebiasaan minum air hangat pada pagi hari bisa membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Baca Juga: Yuk Minum Air Hangat Sebelum Tidur, Ini 5 Manfaatnya Lho Dengan meminum air hangat, detoksifikasi racun akan lebih maksimal dibandingkan dengan seseorang yang tidak biasa meminum air hangat pada pagi hari. Dengan air hangat di pagi hari, racun dalam tubuh sedikit demi sedikit berkurang. 3. Melancarkan Sirkulasi Darah

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Air putih hangat apabila diminum secara rutin setiap pagi bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Air putih hangat yang masuk ke dalam tubuh membantu mengeluarkan racun dalam darah yang mengganggu sirkulasi darah. Dengan keluarnya racundari dalam darah, sirkulasi darah menjadi lebih lancar. 4. Membantu Membersihkan Sistem Pencernaan

BACA JUGA :  Puluhan Pejabat Tes Kesehatan

4. Membantu Membersihkan Sistem Pencernaan

Meskipun buang air besar pada tubuh lancar, belum tentu sistem pencernaan juga sehat. Karena, meskipun ada kotoran yang dikeluarkan, masih ada sedikit kotoran yang menempel pada dinding usus yang lama kelamaan bisa menumpuk dan menjadikan masalah pencernaan. Untuk menghindari adanya kotoran yang menempel pada dinding usus, minumlah air hangat setiap pagi. Mengonsumsi air hangat pada pagi hari bisa membantu meluruhkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel pada dinding usus.

5. Mengatasi Nyeri

Minum air hangat pada pagi hari membantu mengatasi nyeri pada beberapa bagian tubuh yang mudah mengalami nyeri. Setidaknya, kebiasaan meminum air hangat pada pagi hari bisa membantu menurunkan terjadinya nyeri pada beberapa bagian tubuh.

6. Membantu Kerja Otot

Air hangat yang diminum setiap pagi sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dengan memecah lemak pada tubuh. Dengan berkurangnya lemak pada tubuh dan sirkulasi darah yang lancar, tubuh bisa bekerja secara optimal, termasuk membantu kerja otot.

7. Menjadikan Kulit Awet Muda

Manfaat berkesinambungan dari meminum air hangat pada pagi hari yang bisa membuang racun tubuh dan membersihkan saluran pencernaan. Kesinambungan kedua manfaat tersebut yakni akan terlihat pada wajah. Dengan kebiasaan meminum air hangat pada pagi hari, tubuh terhindar dari racun, dan saluran pencernaan bersih, sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih segar.

BACA JUGA :  Rosita, Penderita Penyakit Langka Butuh Bantuan

8. Mengatasi Kram

Pencegahan kram otot bisa dilakukan dengan meminum air putih hangat setiap pagi.

Kebiasaan tersebut bisa membantu mencegah atau mengurangi intensitas terjadinya kram yang kambuh. Terlebih pada waktu sakit perut saat menstruasi, air hangat sangat dibutuhkan untuk mengatasi sakit yang ditimbulkan karena menstruasi.

9. Mencegah Perut Buncit

Minum air hangat pada pagi hari secara rutin sangat baik untuk pencernaan.
Tidak hanya bisa membersihkan kotoran pada dinding usus dan memperbaiki gerak usus, lemak yang menimbun pada saluran pencernaan juga dapat diluruhkan. Minum air hangat pagi hari sebelum makan apapun bisa membantu mencegah perut buncit dengan meluruhkan lemak yang tertimbun pada perut.

10. Meningkatkan Aktivitas Syaraf

Aliran darah yang lancar memiliki berbagai manfaat yang sangat banyak untuk tubuh.
Kelancaran sirkulasi darah yang dipicu oleh air hangat yang diminum setiap pagi bisa membantu berbagai aktivitas tubuh, salah satunya aktivitas syaraf berjalan dengan baik. Syaraf yang bekerja dengan baik bisa menyampaikan perintah otak dengan baik kepada seluruh organ dan bagian tubuh. Respons yang diterima dengan cepat membantu tubuh bekerja dengan aktif dan tanggap terhadap respons yang diberikan.(genpi/jpnn)