Ini Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Ilustrasi mandi
Ilustrasi mandi

RADAR LOMBOK – Cuaca kadang tak menentu. Kadang udara begitu dingin sehingga memaksa orang untuk mandi air hangat.

Sedangkan saat udara siang hari begitu panas, sebelum senja pun rasanya Anda ingin mandi air dingin untuk menurunkan suhu tubuh.

Mandi air hangat memang dikenal punya manfaat kesehatan seperti tubuh jadi lebih rileks, melancarkan peredaran darah serta membantu mengatasi gangguan tidur atau insomnia.

BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Namun, ternyata mandi air dingin juga punya manfaat kesehatan.

Menurut seorang dokter kulit New York, Michele Green, MD, mandi dengan air dingin bisa meningkatkan aktivitas otak serta meringankan stres dan bahkan depresi.

“Mandi dengan air dingin membangunkan reseptor kulit Anda, yang menyebabkan peningkatan aktivitas ke otak,” kata Green, seperti dilansir laman MSN, Kamis (27/9).

“Hal ini bisa meningkatkan kadar serotonin yang membantu meningkatkan ketajaman mental dan meredakan gejala depresi.

Dan mandi dengan air dingin bisa membuat Anda lebih sehat secara umum. Sebuah penelitian baru-baru ini di Belanda menemukan bahwa rata-rata mereka yang mandi air dingin selama setidaknya 30 detik setiap hari selama sebulan mengalami penurunan 29 persen sakit.

“Mandi air dingin bisa menyegarkan dan tergantung pada apa yang Anda lakukan sebelumnya (seperti berolahraga), bisa bermanfaat,” kata Kavita Mariwalla, MD, seorang dokter kulit di New York.

“Ketika Anda bekerja, pembuluh darah membesar dan panas kemudian dihamburkan melalui kulit,” imbuh Mariwalla.

Jadi ketika Anda mandi air dingin, air menyempitkan pelebaran ini dan darah kemudian menjadi lebih sentral. Rasanya menyegarkan, hampir seperti sentakan energi.

BACA JUGA: Tidur Nyenyak Tapi Anda Masih Merasa Lelah? Ini Alasannya

Mariwalla merekomendasikan minimal mandi dengan air dingin selama dua menit dan tidak lebih dari 15 menit berendam dalam air dingin.

Jika itu tampaknya terlalu sulit, Dr. Mariwalla menyarankan untuk mandi hangat-hangat kuku diikuti dengan 30 detik air dingin.

Itu akan memberi Anda manfaat yang bagi tubuh.(fny/jpnn)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut