Ini Empat Tips Naik Sepeda Motor bagi Perempuan

berkendara aman Honda
Tips berkendara bagi perempuan dengan cara aman.

MATARAM – Pada era masa kini tak sedikit perempuan yang memilih untuk mengendarai sepeda motor sebagai moda transportasi sehari harinya. Apalagi dengan menjamurnya produk sepeda motor matic, maka semakin memanjakan pengendara yang tak ingin repot saat dalam situasi macet sekalipun.

Dengan semakin padatnya lalu lintas di jalan raya seiring dengan bertambahnya pengguna kendaraan pribadi, menjadikan kecelakaan lalu lintas tak terelakan kerap terjadi. Khususnya untuk para pengendara perempuan baik yang dibonceng sekalipun tetap memiliki potensi bahaya yang sama dengan si pengendara.

Astra Motor NTB selaku produsen sepeda motor Honda sekaligus pelopor keselamatan berkendara akan berbagi tips mengenai cara berkendara yang aman bagi perempuan. Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB, Satria Wiman Jaya menjelaskan, pengendara wanita kerap teledor saat berada di jalan raya, sebagai contoh kecil saja saat Ibu-ibu yang hendak berbelok ke kanan namun malah menyalakan lampu sein kiri. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya bagi dirinya dan juga pengendara lain.

“Kami berupaya menggaungkan kampanye keselamatan berkendara dalam berbagai kesempatan dan kepada siapa saja yang patut di berikan edukasi. Ingat selama di perjalanan jangan lupa tetap #Cari_Aman ya,” jelas Satria.

Berikut beberapa tips bagi pengendara wanita yang baik untuk disimak :

  1. SAAT BERBONCENGAN

Perlu kamu ketahui bahwa penumpang memiliki resiko yang sama dengan pengendara, oleh karena itu posisikan postur saat berboncengan sama dengan pengendara didepan kamu. Posisikan Tangan memeluk badan atau memegang ringan jaket pengendara didepan, Lutut menjepit ringan pengendara didepan dan kaki berada di footstep. Hal ini juga bertujuan pengendalian pengendara saat berkendara lebih mudah.

2.TETAP STYLISH DENGAN RIDING GEAR

Tetap stylish dalam berkendara dengan menggunakan riding gear lengkap ya. Gunakan Helm sesuai dengan ukuran, gunakan jaket tertutup untuk mencegah benda asing ataupun paparan angin kontak langsung dengan tubuh Anda terutama pada bagian dada. Gunakan juga sarung tangan untuk mencegah kontak dengan benda asing, gunakan celana panjang agar dapat bermanuver dengan leluasa dan gunakan sepatu agar pijakan selama berkendara lebih nyaman. Serta dimasa pandemi penggunaan masker juga harus tetap diperhatikan ya.

3.BERKENDARA SAAT MENSTRUASI

Menstruasi menjadi hal yang dialami oleh wanita, gejala fisik yang ditimbulkan saat menstruasi antara lain kram perut dan lemas. Hal ini bisa mempengaruhi fokus/konsentrasi kita dalam berkendara. Oleh karena itu, tidak dianjurkan berkendara dalam kondisi menstruasi sebaiknya kamu bisa berboncengan dengan rekan kerja/keluarga atau dapat menggunakan transportasi umum/online.

4.MEMBAWA BARANG

Dalam membawa barang saat mengendarai motor, disarankan menggunakan tas ransel/punggung agar tidak menghalangi pengendalian kita saat berkendara. Jika kamu terbiasa menggunakan tas slempang tas kecil, disarankan memasukan tas kedalam bagasi motor untuk menghindari potensi bahaya seperti tas tersangkut pengendara lain/benda asing lainnya serta menghindari tindakan kriminal. (luk)