Ini Dia Tips Merawat Kunci Remote (Keyless) Agar Tetap Aman

MATARAM – Seiring berkembangnya teknologi saat ini, beberapa pengguna kendaraan khususnya sepeda motor sudah tidak menggunakan kunci konvensional lagi, sebab saat ini kebanyakan motor menggunakan sistem keyless. Pengendara motor juga lebih praktis untuk menyalakan motor sebab dengan adanya sistem keyless para pengendara cukup mendekatkan kunci remote tanpa memasukkan anak kunci lagi ke dalam lubang kunci. Tentu hal ini dapat memudahkan pengendara motor yang sering lupa melepas kunci pada motornya.

Fitur pada produk motor Yamaha yang menggunakan kunci remote atau keyless disebut sebagai Smart Key System (SKS). Dengan adanya Smart Key System juga dapat memberikan keamanan pada motor. Para pengendara motor yang sering kelupaan mencari motor pada saat sedang parkir juga akan lebih mudah untuk mencari motornya karena Smart Key System hadir dengan fitur Answer Back System.  Khusus di produk Yamaha, Answer Back System terdapat 2 setelan yakni ‘bip’ dengan suara dan kedipan lampu sein  serta ‘silence’ tanpa suara (hanya lampu sein).

Melihat kecanggihan dan kepraktisannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kunci remote (keyless) ini  awet dan dapat dimanfaatkan lebih optimal. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat kunci remote (keyless) diantaranya adalah :

Baca Juga :  Berikan Pengalaman Tak Terlupakan, Yamaha Ajak Konsumen Rasakan Keunggulan Fazzio

* Pastikan kunci remote selalu berada didekat motor karena jika menekan knob secara paksa dan posisi kunci remote jauh dari motor akan menyebabkan kerusakan pada mekanisme kunci motor. Pastikan apabila menekan knob selalu berada didekat motor.

* Kunci remote atau SKS selalu dalam kondisi kering dan tidak terendam air. Meskipun sudah dilengkapi seal anti air, apabila kunci remote terjatuh dan kemasukan air dikhawatirkan akan menyebabkan hubungan arus pendek.

* Penyimpanan kunci remote atau sks bisa dijauhkan dengan radiasi elektromagnetik karena dapat menganggu sinyal pada kunci remote atau SKS, benda tersebut diantaranya adalah handphone, televisi dan benda lain yang sejenisnya.

* Pastikan apabila keadaan motor mati tekan tombol off pada remote, sebab apabila remote dibiarkan menyala akan menguras penggunaan baterai remote dan membuat aki drop.

* Ketahuilah bahwa apabila kondisi radius remote dengan sepeda motor terlalu pendek maka segera ganti baterai pada remote.

* Jangan menyimpan remote di bagasi motor atau rak yang ada pada motor. Konsumen bisa menyimpan kunci remote atau SKS pada tas agar meminimalisir terjadinya kehilangan motor.

Baca Juga :  Siswa Berkompetensi Rebutkan Piala Regional di Event Fazzio Youth Project 2023

* Selalu ingat dan jaga ID Key SKS, hal ini dapat dirahasiakan oleh pemilik motor untuk menjaga keamanan pada motor kesayangan kita serta dapat membantu apabila pemilik motor kehilangan kunci remote atau SKS.

* Kunci remote juga dapat diberikan tambahan accesorries seperti gantungan kunci.

“Teknologi Smart Key System yang canggih ini dapat memberikan keamanan pada sepeda motor yang digunakan, kami himbau untuk para pengendara juga dapat merawat dengan baik agar dapat awet digunakan serta bisa mendapatkan performa yang maksimal dari teknologi ini” Ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service Yamaha STSJ.

Perlu diingat bahwa kemajuan teknologi kunci remote bukan hanya meningkatkan kenyamanan pengendara, tetapi juga memberikan keamanan yang lebih baik. Dengan merawat kunci remote dengan baik sesuai dengan tips diatas, dapat dipastikan bahwa teknologi ini dapat berfungsi secara optimal dan awet digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengguna sepeda motor khusunya motor Yamaha yang sudah menggunakan Smart Key System.

Komentar Anda