Ingin Miliki Rumah dan Berangkat Umrah, Kunjungi Gelegar Expo 2020

Bank NTB Syariah
MEMBUKA : Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Dirut Bank NTB Syariah H Kukuh Rahardjo, Kepala OJK Farid Faletehan dan Ketua REI NTB H Heri Susanto saat membuka Gelegar Expo 2 Property & Umrah di LEM, Kamis (12/3).

MATARAM – Gelegar Expo 2 Property & Umrah Bank NTB Syariah tahun 2020 kembali digelar. Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah hadir langsung membuka gelaran Gelegar Expo 2 Property & Umrah Bank NTB Syariah, Kamis (12/3). Gelaran Gelegar Expo Property & Umrah 2020 berlangsung selama empat hari, dari Kamis – Minggu (12-15) Maret di atrium Lombok Epicentrum Mall (LEM).

Sebanyak 11 perusahaan perumahan (developer) dan lima perusahaan travel haji dan umrah ikut ambil bagian dalam Gelegar Expo 2 Property & Umrah Bank NTB Syariah 2020. Di hari pertama tersebut, Kamis (12/3) ratusan pengunjung sudah mulai melihat dan menanyakan lokasi masing-masing perumahan, baik itu rumah komersil maupun rumah subsidi.

Bahkan, puluhan orang petugas Bank NTB Syariah yang melayani konsumen untuk melaukan transaksi pengajuan pembiayaan rumah subsidi maupun komersil siap standby melakukan proses melalui sistem komputerisasi yang sudah disiapkan.

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap keberanian dan terobosan Bank NTB Syariah dalam memperluas pasar. Tidak hanya mengandalkan ASN, tapi juga sudah merambah di pembiayaan perumahan. Hal ini tentu saja sangat positif dalam memajukan perbankan daerah, sehingga masyarakat NTB secara lebih luas mendapatkan manfaat dari Bank NTB Syariah.

“Bank NTB Syariah luar biasa. Kinerjanya tidak hanya hebat di NTB saja, tetapi secara nasional kinerjanya luar biasa. Sebagai pemerintah daerah, saya berharap Bank NTB Syariah bisa berbuat lebih banyak lagi kedepan untuk masyarakat kecil,” kata Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini.

Dalam kesempatan tersebut, Bang Zul juga mendorong Bank NTB Syariah semakin memperluas akses pembiayaan kepada masyarakat kecil yang ada di pedesaan. Hal tersebut penting dalam memangkas rantai rentenir yang menjerat masyarakat pedesaan.

“Kami dari pemda meminta dalam waktu tidak lama lagi, masyarakat kecil lebih senang dan lebih dekat ke Bank NTB Syariah,” harap Bang Zul.

Sebelumnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB Farid Faletehan memuji perkembangan Bank NTB Syariah setelah resmi bertransformasi sejak 2018 lalu menjadi Bank Umum Syariah. Berbagia indikator perbankan berhasil dicapai selama kinerja 2019. Bahkan pertumbuhan Bank NTB Syariah secara nasional sangat membanggakan.

“Selama 2019, kinerja Bank NTB Syariah tumbuh meyakinkan,” ucap Farid Faletehan.

Farid menjabarkan berbagai capaian luar biasa Bank NTB Syariah di 2019, diantranya untuk 2019 aset tumbuh mencapai 22,32 persen, ini merupakan prestasi luar biasa, sementara perbankan umum konvensional secara nasional itu tumbuh hanay 6 persen, Bank Umum Syariah secara nasional asset tumbuh 9,9 persen, BPD konvensional dan syariah tumbuh 9,75 persen. Selanjutnya untuk pembiayaan, Bank NTB Syariah tumbuh luar biasa mencapai 14,65 persen. Sementara pembiayaan/kredit perbankan konvensional nasional hanya 6 persen, BUS 10,93 persen, BPD se Indonesia 10,15 persen. Sementara itu, DPK (dana pihak ketiga), bank umum nasionla tumbuh mencapai 6-7 persen, BUS tumbuh 12,03 persen, BPD se Indonesia tumbuh 11,9 persen dan Bank NTB Syariah tumbuh luar biasa mecapai 38,51 persen.

“Ini merupakan kinerja luar biasa secara nasional dan patut disyukuri. Kedepan Bank NTB Syariah harus menghadirkan produk baru beragam dan meningkatkan kualitas layanan,” ungkapnya.

Ketua REI NTB H Heri Susanto mengatakan, Gelegar Expo Property & Umrah ini merupakan salah satu terobosan Bank NTB Syariah dalam menjalin kemitraan dengan developer untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat kurang mampu mendapatkan rumah program subsidi. Jika tahun 2019 lalu kegiatan Expo Property berlangsung suskes, maka tahun ini bisa lebih banyak lagi yang melakukan transaksi akad, baik itu untuk kepemilikan rumah subsidi maupun komersil.

“Gelegar Expo 2 Property & Unram ini lebih besar dari tahun sebelumnya. Kita berharap bisa transaksi sesuai dengan target,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank NTB Syariah H Kukuh Rahardjo menjelaskan, pada Property Expo pertama tahun lalu (2019), Bank NTB Syariah berhasil mencatat persetujuan prinsip kepada 1.171 nasabah pemohon dengan nilai Rp 173,89 miliar hanya dalam waktu 3 hari.

“Pada gelaran kedua kali ini, Bank NTB Syariah menargetkan pertumbuhan signifikan, karena antusias masyarakat untuk memiliki rumah masih sangat tinggi,” kata Kukuh Rahardjo.

Kukuh menyebut bhawa dalam Expo 2020 kali ini, Bank NTB Syariah menargetkan jumlah permohonan sebanyak 1.200 orang selama empat hari penyelenggaraan, dengan nilai sekitar Rp 250 miliar. Event ini ditujukan bagi masyarakat NTB, kerja sama Bank NTB Syariah bersama REI NTB dan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

Menurut Kukuh, saat ini permintaan property terus meningkat sebagai kebutuhan pokok masyarakat. Terlebih lagi pada Expo 2020 ini, selain property, Bank NTB Syariah juga menyiapkan fasilitas umrah.

“Memiliki rumah dan bisa beribadah umrah adalah dua hal yang sangat didambakan masyarakat selama ini,” ucap Kukuh sembari mengaku optimistis bisa mencapai target tersebut.

Sebanyak 11 pengembang akan ikut berpartisipasi menawarkan berbagai proyek perumahan yang tersebar di lokasi-lokasi strategis di wilayah NTB. Masyarakat akan disuguhkan dengan banyak pilihan property yang menarik dan berkualitas. Bank NTB Syariah memberikan berbagai promosi, seperti instant pre-approval (persetujuan prinsip), DP yang terjangkau mulai dari 1% sesuai dengan kemampuan nasabah dan juga subsidi uang muka.

Pada gelaran Expo kali ini Bank NTB Syariah juga memamerkan tenant perjalanan ibadah umrah yang di ikuti oleh 5 travel haji & umrah ternama di NTB, sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan expo ini untuk melaksanakan umrah dengan baik, aman dan nyaman. Untuk mewujudkan impian masyarakat NTB beribadah umrah, Bank NTB Syariah telah menyiapkan fasilitas pembiayaan umrah.

Nuansa modern dan futuristic mulai tampak pada desain booth telah disiapkan Bank NTB Syariah di Atrium Lombok Epicentrum Mall sebagai jawaban atas kebutuhan transaksi dan layanan perbankan.

“Kami ingin menunjukkan bahwa bank daerah yang telah beroperasi syariah tidak hanya melayani ASN akan tetapi juga untuk masyarakat umum, bahkan Bank NTB Syariah berusaha menjadi pilihan utama masyarakat dalam bertransaks,” ujarnya.

Adapun kemudahan lain yang diberikan dalam kegiatan expo tersebut antara lain melayani pembukaan tabungan Tambora iB Amanah, Taharah (Tabungan Haji Umrah) iB Amanah, Setoran dan Penarikan Tunai, Penukaran Kartu Debit GPN, aktivasi mobile banking & SMS notifikasi, serta program Wakaf Alquran. Selain itu, terdapat produk pembiayaan perumahan komersil Bank NTB Syariah “Bale iB Amanah”, yang merupakan pembiayaan dalam rangka kepemilikan rumah bagi masyarakat NTB. Bank NTB Syariah sudah menyiapkan merchandise-merchandise menarik setiap transaksi yang dilakukan pada event tersebut.

Guna memeriahkan pelaksanaan Bank NTB Syariah Gelegar Expo 2 Property & Umrah, kata Kukuh, diselenggarakan beberapa kegiatan lomba dalam rangka mencari bibit-bibit unggul dan talenta Hafiz Quran untuk kategori TK dan SD, kemudian lomba Muslimah fashion & talent show tingkat remaja Muslimah serta lomba fotografi dengan tema “Pariwisata & Budaya Nusa Tenggara Barat” dengan sasaran para pelajar, mahasiswa, dan umum.

“Ini adalah bentuk apresiasi kami kepada putra-putri NTB berprestasi, dan kami berharap generasi-generasi muda ini terus mengembangkan bakat dan minatnya untuk mewujudkan NTB Gemilang,” tutup Kukuh. (luk)