Ingin Menekuni Matematika Murni

I Nyoman Sudiarte (ZUL/RADARLOMBOK)

I Nyoman Sudiarte (18), siswa kelas XII IPA SMAN 1 Lembar sangat menyukai pelajaran matematika. Kecintaannya terhadap pelajaran ini dibuktikan dengan prestasi gemilang pada pelajaran yang banyak tidak disukai siswa tersebut.

Salah satunya dibuktikan pada olimpiade matematika tingkat Lombok Barat (Lobar) pada awal 2016 lalu. Ia keluar  dengan raihan juara III. Kemudian pada olimpiade matematika dan IPA se-NTB yang dilaksanakan IKIP Mataram pada Maret 2016, Nyoman kembali membuktikan diri menjadi yang terbaik dengan raihan juara I.

Selain di bidang matematika, Nyoman juga tercatat mengharumkan nama sekolah pada lomba cerdas cermat (LCC) empat pilar kebangsaan tingkat NTB yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh MPR RI. Seperti pada gelaran LCC Februari 2016, Nyoman selaku juru bicara bersama kesembilan rekannya berhasil menjadi Juara I.

“Tetapi meskipun menjadi juara LCC, saya lebih suka matematika,” ujar remaja dari Dusun Karang Anyar Desa Jembatan Kembar Kecamatan Lembar ini, Rabu (16/11).

Dikarenakan saat ini sudah kelas XII kata Nyoman, tentu dirinya tidak memenuhi syarat lagi untuk mewakili sekolah pada olimpiade resmi yang dilaksanakan pemerintah. Terkecuali olimpiade semisal yang dilaksanakan IKIP Mataram, dimana tidak ada batasan kelas untuk ikut. Beda halnya dengan olimpiade yang dilaksanakan pemerintah, syaratnya harus kelas X atau XI.

Kendatipun begitu Nyoman mengaku tetap menyukai matematika dan tetap ingin mempelajarinya. Karena itu, dia pun berkeinginan untuk bisa masuk jurusan matematika murni pada Fakultas MIPA Universitas Mataram. “Saya suka matematika, karena itu saya ingin memperdalam ilmu matematika di jurusan matematika murni Universitas Mataram,” tandasnya. (zul)