Industri Tahu Tempe Tetap Diperhatikan

KUNJUNGAN : Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh ditemani Pelasana Tugas Kepala Diskoperindag Kota Mataram Wartan SH saat berkunjung ke industri Tahu di Lingkungan Sukaraja kemarin (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM-Upaya meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat menjadi fokus Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Mataram. Dinas terus mendorong sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengambil peran aktif dalam percepatan pembangunan ekonomi wilayah. Salah satu upayanya yakni memberdayakan potensi ekonomi berbasis olahan sesuai dengan karakter masyarakat.

Pengembangan produk olahan tahu digagas pemerintah bersama masyarakat. Beberapa lokasi seperti Kekalik Jaya, Sukaraja dan Abian Tubuh, olahan Tahu Tempe menjadi salah satu produk unggulan yang didorong untuk menjadi industri dalam skala yang lebih besar.

Pelaksana Tugas Kepala Diskoperindag Kota Mataram Wartan SH menjelaskan, pusat olahan Tahu merupakan sinergi bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam mengoptimalkan potensi wilayah yang merupakan salah satu sentra produksi Tahu dan Tempe di Kota Mataram.

Dikatakan Wartan, peningkatan ekonomi masyarakat akan memiliki daya ungkit jika tidak hanya menitik beratkan pada sektor produksi Tahu dan Tempe semata namun juga mengembangkan diri di sektor industri olahan. Keberadaan industri olahan akan memberikan dampak positif terhadap sejumlah sektor seperti penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan masyarakat serta sejumlah manfaat lainnya.

Dinas kata Wartan, juga telah membangun sejumlah lapak PKL yang diperuntukkan bagi para pedagang yang akan menjajakan berbagai jenis olahan tahu.”Untuk tahap awal kita akan bangun 10 lapak terlebih dahulu, nantinya kita berharap pihak swasta bisa masuk karena industri ini sangat prospektif di masa mendatang,ungkapnya.

Kalangan pelaku usaha Tahu Tempe saat ini tampak semangat. Pemerintah Kota Mataram terus memberikan support serta bantuan modal usaha.

Sementara itu Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh  tampak saat mengunjungi industri Tahu dan Tempe di Lingkungan Sukaraja. Pelaku usaha mengaku omset untuk industri membaik serta perhatian dari pemerintah selama ini terus tumbuh.

Ahyar menyambut baik industri Tahu Tempe saat ini yang bekembang. Hal ini salah satu penyokong utama dalam pergerakan ekonomi masyarakat. Ia beharap kalangan pelaku ushaa terus inovasi dalam pengembangan usaha terus didukung.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid