Industri Rumahan Punya Potensi Besar

HL Moh Amin (MUHAMMAD HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Pemkab Lombok Tengah melihat bahwa industri rumahan merupakan potensi besar yang ada di masyarakat, jika dikelola dengan baik.

Hal tersebut nantinya akan memberikan nilai tambah yang signifikan untuk kemampuan dan ketahanan ekonomi masyarakat. Hal ini diungkapkan Asisten I Setda Lombok Tengah, HL Moh Amin dalam sambutannya dalam pelatihan dan workshop industri rumahan di Desa Aik Darek Kecamatan Batukliang, Kamis (27/10).

Diungkapnnya, industri rumahan adalah skala mikro dan umumnya memanfaatkan produk berupa barang jadi yang bernilai tambah dan dikerjakan di rumah secara khusus ataupun sebagai kerja paruh waktu. ‘’Bisa dikatakan bahwa ada produk yang dihasilkan melalui proses nilai tambah dari bahan baku tertentu yang dilakukan pada rumah,” katanya dalam acara yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Lombok Tengah itu.

Dijelaskan juga industri rumahan dapat dikategorikan ke dalam tiga kategori yakni industri rumahan tingkat pemula, industri rumahan tingkat berkembang dan industri rumahan tingkat maju. Pada setiap kategori tersebut mempunyai kebutuhan dukungan yang berbeda- beda.

Pemda sendiri akuinya telah berkomitmen akan terus berupaya untuk meningkatkan industri rumahan. Hal tersebut dipicu oleh kebutuhan lapangan kerja yang nantinya akan mengurangi resiko. “Agar tidak terjerumus pada pekerjaan-pekerjaan yang nantinya akan membawa dampak sosial yang tidak baik,” ulasnya.

Amin juga berharap kegiatan pelatihan bagi pelaku industri rumahan tersebut dapat menumbuh kembangkan usaha-usaha yang inovatif dan kreatif yang berdampak besar. Terutama bagi peningkatan taraf hidup masyarakat. (cr-met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid