Indosat Perkuat Kolaborasi Berdayakan Indonesia dengan AI

Indosat perkuat keamanan cyber dan juga untuk mengunakan AI

MATARAM – Indosat Ooredoo Hutchison mencatat hasil kinerja keuangan kuartal pertama (Q1) 2024 dengan total pendapatan sebesar Rp13.835 miliar, meningkat 15,8% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY). Sementara itu, EBITDA tumbuh lebih cepat dari pendapatan, mencapai peningkatan 22,1% YoY menjadi Rp6.509 miliar.

“Kinerja keuangan yang cemerlang ini, mendorong peningkatan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0% dan menghasilkan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk, sebesar Rp1.295 miliar, naik 39,4% dari tahun sebelumnya,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Selasa (30/4).

Vikram menyatakan pencapaian kuartal pertama 2024 ini mencerminkan komitmen Indosat untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan, serta memperkuat ekonomi digital Indonesia. Pada akhir kuartal pertama 2024, jumlah pelanggan Indosat meningkat 2,3% YoY, mencapai 100,8 juta pelanggan. Pertumbuhan ini berkontribusi pada lonjakan trafik data sebesar 14,3% YoY menjadi 3.858 Petabytes (PB).

Baca Juga :  Indosat Bukukan Pendapatan 2024 Tembus Rp55,9 Triliun

“Indosat turut mencatat peningkatan trafik data yang signifikan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, yaitu naik 34,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya,” beber Vikram.

Melanjutkan strategi perluasan jaringannya ke berbagai pelosok pedesaan, di sepanjang kuartal pertama 2024 tercatat jumlah BTS 4G Indosat meningkat sebanyak 35,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Saat ini terdapat lebih dari 7.200 BTS 4G yang tersebar di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Selain itu, kata dia, Indosat juga memperkuat komitmennya terhadap keamanan siber melalui kolaborasi strategis dengan Cisco dan Mastercard. Kolaborasi dengan Cisco menegaskan kesiapan Indosat dalam menyediakan solusi keamanan siber terkini kepada perusahaan, terutama usaha kecil dan menengah (UKM), untuk memperkuat ketahanan digital dan keamanan mereka.

Baca Juga :  Indosat Raup Laba Rp37,4 Triliun Dalam Sembilan Bulan

“Pembentukan Cybersecurity Center of Excellence (CoE) Indosat-Mastercard, menegaskan dedikasi perusahaan dalam mendorong pengembangan talenta, mendorong inovasi, serta menjadi kolaborator utama dalam upaya deteksi dan memitigasi keamanan siber,” katanya.

Ia menambahkan, seiring dengan upaya Indosat dalam membentuk lanskap digital di Indonesia, perusahaan tetap kokoh dalam komitmennya untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan, memajukan inovasi, dan menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi semua pemangku kepentingan.

“Mari kita terus berinovasi, berkolaborasi, dan menginspirasi untuk menghubungkan, serta memberdayakan masyarakat Indonesia menuju bangsa digital,” tutupnya. (luk)