Indikator Tempatkan Pathul-Nursiah Unggul Jauh

PRAYA— Elektabilitas pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Lalu Pathul Bahri- HM Nursiah di pilkada Lombok Tengah (Loteng) unggul jauh dari paslon lainnya.

Berdasarkan rilis dari lembaga survei nasional Indikator, dapat diprediksi elektabilitas paslon nomor urut 4 dengan jargon Maiq Meres ini, sulit terkejar oleh paslon lain. Hasil survei pilkada Lombok Tengah ini dirilis Indikator melalui pertemuan virtual zoom meeting, yang dihadiri oleh pasangan calon dan tim inti Jumat (13/11/2020).

Direktur riset Indikator, Adam Kamil menjelaskan, dari hasil survei mereka, jika elektabilitas Pathul-Nursiah mencapai 40,9 persen dan selisih mencapai 16,7 persen dari paslon di bawahnya. “ Maka dapat diprediksi Pathul-Nursiah akan keluar sebagai pemenang pada pilkada Lombok Tengah, 9 Desember mendatang,”ungkap Adam Kamil, Senin (16/11).

Hasil survei ini menempatkan paslon Masrun- Habib pada posisi kedua dengan elektabilitas 24,2 persen. Paslon Ziadi-Aswatara dengan elektabilitas 12,4 persen. Paslon Lale Prayatni-Sumum dengan elektabilitas 6,7 persen, dan posisi terakhir ditempati oleh paslon Saswadi- Dahrum dengan elektabilitas 1,7 persen. “Dengan sisa waktu efektif kampanye tinggal beberapa minggu saja dan persentase swing voters juga tersisa sangat kecil. Maka dipastikan paslon lain tidak dapat mengejar Pathul- Nursiah. Apalagi jika semua paslon sama-sama bergerak, maka temuan survei ini tidak akan ada perubahan secara signifikan,”terangnya.

Survei dilakukan pada rentan waktu 28 Oktober -1 November 2020, dengan jumlah responden 410 dengan margin eror 4,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. “Bila dibandingkan dengan pengalaman survei kami selama ini, dapat dipastikan dengan sisa waktu hanya beberapa minggu saja, maka pasangan Pathul – Nursiah akan keluar jadi pemenang sekalipun dengan money politic. Karena temuan survei kami masyarakat Lombok Tengah, lebih banyak akan menerima money politic tapi belum tentu akan memilih calon tersebut walaupun sudah diberikan uang dengan poin mencapai 60 persen,”tambahnya.

Menanggapi hasil survei ini koordinator relawan Pathul-Nursiah, Hasan Masat menyampaikan ucapan terima kasih kepada relawan dan pendukung Pathul – Nursiah yang selama ini terus bergerak untuk mensukseskan kemenangan paslon Maiq Meres ini. “Terima kasih atas kepercayaan masyarakat Lombok Tengah, kepada pasangan Pathul Nursiah Maiq Meres. Ini berkat kerja keras partai pengusung dan tim relawan yang luar biasa solid. Tetap semangat untuk Lombok Tengah yang Maiq Meres,” terangnya.

Meski unggul jauh dari hasil survei, pihaknya tidak lantas berpuas diri dan terlena. Hasan mengimbau tim dan semua elemen juga harus tetap semangat untuk terus berjuang mempertahankan suara sampai pilkada berakhir nantinya. Jangan sampai lengah dan bermalas- malasan dengan hasil survei saat ini tapi harus lebih semangat disisa waktu saat ini. “Dengan hasil survei yang sudah bagus ini, tentu kita tidak boleh lengah. Kita terus bergerak untuk memaksimaklan potensi yang ada sampai kemenangan Pathul- Nursiah ditetapkan oleh KPU nantinya,” tegasnya.

Sementara itu, juru bicara paslon Maiq Meres, Lalu Amrillah menegaskan pada dasarnya, beberapa lembaga survei baik yang disewa oleh paslon Pathul-Nursiah maupun paslon lain menunjukkan bahwa Maiq Meres sulit terkejar dari pesaing terdekatnya. “ Kendati demikian kami tidak lantas jumawa dan mengendorkan perjuangan. Justru kami terus bergerak bersama untuk memenangkan paket Pathul Nursiah,”terangnya.

Ia menegaskan gerakan mereka masif dan simultan. Wilayah- wilayah yang mereka anggap lemah terus disusuri oleh tim tanpa melupakan pertahanan di wilayah wilayah yang dimenangkan. Prinsip mereka saat ini adalah bertahan dan menyerang (counter attack). “Selama ini kekompakan tim untuk bergerak terus kami jaga. Mesin politik partai sudah bergerak secara masif,”terangnya.

Partai Gerindra dengan kekuatan di grass root menjadi modal mereka untuk berjuang penuh semangat. Golkar dengan Ketua DPD Suhaili dan mesin politiknya sudah berjalan di tingkat basis. Lalu Nasdem dengan kekuatan parlemennya pun sudah bergerak. PDIP juga dengan basis rill juga sudah menyampaikan perkembangan signifikan. Serta partai Gelora dengan Anis Matta dan Fahri Hamzah sudah bertemu Pathul Bahri dan sepakat untuk turun bersama sama di Lombok Tengah guna memenangkan Pathul- Nursiah.”Oleh karena dengan kekuatan NU, kekuatan Yatofa, kekuatan sebagain NW dan organisasi masyarakat lainnya maka kami prediksi kemenangan di atas 60 persen. Atas nama Pathul- Nursiah Maiq Meres maka kami mengimbau kepada seluruh tim untuk terus bergerak berjuang menangkan Pathul- Nursiah,”tegasnya.(met)