Inaya dan Anaya Jalani Operasi Pemisahan di Surabaya

OPERASI : Inaya dan Anaya saat dipangku oleh salah satu dokter RSUD Dr. Soetomo Surabaya sebelum dioperasi kemarin.

SELONG – Operasi pemisahan bayi dempet atau kembar siam, Inaya dan Anaya, bayi asal Desa Jurit Kecamatan Pringgasela, berlangsung di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Selasa (15/2).

Bupati Lotim HM Sukiman Azmy bersama kepala Dinas Kesehatan Lotim, Pathurrahman, ikut mendampingi di Surabaya.

Operasi pemisahan i dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Bupati memantau proses operasi lewat layar monitor yang telah disiapkan oleh pihak rumah sakit. Operasi berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

Sebelum operasi, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan nota kesepahaman oleh Bupati Sukiman Azmy dengan Direktur RSUD Dr. Soetomo Surabaya, dr. Djoni Wahyuhadi. Penandatangan tersebut terkait dengan pelayanan operasi dan perawatan pasca operasi Inaya- Anaya.

Baca Juga :  PWNU NTB Minta Masyarakat Jangan Terprovokasi

Kegiatan itu juga dihadiri ketua tim operasi kembar Siam, Inaya – Anaya, dr. Martono, Kepala Dinas Kesehatan Lotim, Pathurrahman. termasuk juga Direktur RSUD dr. R Soedjono Selong Tantowi Jauhari. Penandatangan nota kesepahaman tersebut tak lain sebagai bentuk komitmen Pemkab Lotim dalam mengawal, mendampingi dan membiayai operasi dan perawatan Inaya dan Anaya. Dan yang paling utama adalah setelah menjalani operasi Inaya dan Anaya bisa segera pulih, dapat tumbuh sehat dan normal seperti anak-anak lainnya.

Berkaitan dengan pelaksanaan operasi Inaya dan Anaya ini Humas RSUD dr. Raden Soedjono Selong, Rahmat, mengatakan operasi Inaya dan Anaya awalnya akan dilakukan pada 9 Februari. Namun karena karena Inaya dan Anaya sempat mengalami sakit, tim dokter yang menangani memutuskan dilakukan penundaan. Setelah kondisi kesehatan kedua bayi membaik maka operasi pemisahan ini akhirnya dilaksanakan.” Operasi sendiri berjalan lancar. Kita belum tau pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan. Namun diupayakan tuntas hari ini ( kemarin red),” terangnya.

Baca Juga :  Kibarkan Semangat Kemerdekaan di Tengah Pandemi

Setelah selesai operasi Inaya dan Anaya akan menjalani beberapa proses penanganan. Diantaranya akan dilakukan rekonstruksi oleh tim dokter bedah plastik. Setelah dinyatakan sembuh Inaya dan Anaya kembali akan mendapatkan penanganan dari dokter spesialis rehab medik.” Kondisi Inaya dan Anaya berdasarkan hasil evaluasi tim dokter sangat baik sehingga bisa selsai hari ini,” tandasnya.(lie)

Komentar Anda