Immigration Goes To School Sambangi SMAN 3 Selong dan SMKN 1 Selong

SOSIALISASI: Pihak Imigrasi sambangi SMAN 3 Selong dan SMKN 1 Selong pada Rabu dan Kamis, 3 - 4 November 2021. (ist for radarlombok)

SELONG — Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram menyelenggarakan kegiatan sosialisasi “Immigration Goes To School” dengan tujuan siswa dan siswi kelas XII di SMAN 3 Selong dan SMKN 1 Selong pada Rabu dan Kamis, 3 – 4 November 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan informasi terkait keimigrasian kepada siswa dan siswi kelas XII di sekolah-sekolah yang berada di pulau Lombok agar para siswa yang sebentar lagi akan lulus dari bangku SMA/SMK bisa mulai mempersiapkan dirinya jika ingin melanjutkan studi ke luar negeri ataupun jika ingin bekerja di luar negeri.

Sosialisasi “Immigration Goes To School” dimulai dengan mendatangi SMAN 3 Selong pada hari Rabu, 3 November 2021.

Kepala Sekolah SMAN 3 Selong, Usman menyambut kedatangan Tim Humas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram di sekolahnya dan sekaligus membuka acara sosialisasi.

Narasumber dalam sosialisasi ini terdiri dari 4 (empat) orang Analis Keimigrasian Pertama di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, yaitu Aditya Bayu Prabawa, Putu Galih Perdana Putra, A.A. Gede Oka D.S, dan Khoirun Najib Qudsi, narasumber memaparkan informasi seputar Keimigrasian mulai dari fungsi keimigrasian, paspor dan pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram hingga informasi mengenai Politeknik Keimigrasian.

Para peserta yang merupakan siswa dan siswi kelas XII SMAN 3 Selong sangat antusias mengikuti sosialisasi ini, terbukti dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta saat sesi tanya jawab.

BACA JUGA :  Sponsor Pengirim 12 TKA China Diperiksa

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Wisnu Ontoaji yang juga ikut dalam sosialisasi ini membantu menjawab seluruh pertanyaan dari peserta sosialisasi.

Kepala Sekolah SMAN 3 Selong menyampaikan apresiasi setinggi-tngginya kepada Imigrasi karena sosialisasi ini sangat membantu bagi SMAN 3 Selong dan juga para murid dalam membangun rencana masa depan dan mempersiapkan murid SMAN 3 Selong untuk mengikuti beasiswa dari pemerintah provinsi NTB.

“Semoga sosialisasi ini terus konsisten diadakan di tahun-tahun berikutnya agar siswa kami yang kelas XII bisa mendapatkan informasi untuk mengikuti beasiswa atau bekerja di luar negeri,” ungkap Usman.

Keesokan harinya sosialisasi “Immigration Goes To School” dilanjutkan dengan mendatangi SMKN 1 Selong dan disambut oleh perwakilan dari bidang kesiswaan di SMKN 1 Selong, Haerul Hidayat.

Narasumber dan materi yang disampaikan masih sama dengan sosialisasi di hari sebelumnya. Pemaparan oleh narasumber disambut dengan sangat antusias dan meriah oleh para siswa di SMKN 1 Selong.

Para siswa sangat aktif mengikuti jalannya sosialisasi dan terhibur dengan sajian presentasi serta video yang ditampilkan oleh narasumber.

Wisnu Ontoaji selaku Kepala Seksi TIKIM juga menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat penting karena informasi yang disampaikan akan sangat membantu bagi para siswa kelas XII.

“Untuk adik-adik saya yang sudah kelas XII harus sudah mulai berpikir tentang masa depan dan cita-cita yang ingin diraih. Untuk yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri atau ingin langsung bekerja menjadi PMI di luar negeri harus mengingat materi yang disampaikan tadi agar semakin mudah saat mengurus administrasi pendaftarannya nanti,” jelasnya.

BACA JUGA :  Kepala Kantor Imigrasi Mataram Dicokok KPK

Demikian kalau masih ada hal yang ingin ditanyakan setelah sosialisasi ini, bisa hubungi nomor contact center kami (081-9999-4-9000) atau call center kami di (0370) 632520.

“Kami akan dengan senang hati akan menjawab segala pertanyaan adik-adik tentang keimigrasian,” ulas Wisnu.

Haerul hidayat mewakili Kepala Sekolah SMKN 1 Selong juga menyampaikan terimakasih atas sosialisasi yang diselenggarakan di sekolahnya.

“Terimakasih banyak atas kesempatan yang sangat baik ini, semoga siswa dan siswi kami dapat memanfaatkan informasi yang didapat dari sosialisasi ini,” ucap Hidayat.

Sosialisasi “Immigration Goes To School” rencananya akan diselenggarakan kembali di sekolah-sekolah lain di pulau Lombok.

Target utama dari sosialisasi ini adalah siswa dan siswi SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan studi di luar negeri atau ingin bekerja di luar negeri serta memberikan informasi mengenai Politeknik Keimigrasian.

Harapan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram agar seluruh siswa dan siswi SMA/SMK/Sederajat dapat mengetahui tentang imigrasi dan fungsi keimigrasian serta menumbuhkan minat siswa untuk bergabung menjadi taruna di Politeknik Keimigrasian. (der)